oleh

Bank Danamon Dorong UMKM Tetap Terkendali di Masa Covid-19

TILIK.id, Jakarta — PT Bank Danamon tbk tidak berhenti ikut membantu pemulihan perekonomian nasional melalui dukungannya pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dukungan diberikan dalam bentuk sesi literasi keuangan kepada sekitar 200 pelaku UMKM.

Bank Danamon berpandangan, saat ini UMKM berada dalam pusat krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, bahkan dengan kondisi lebih parah dari krisis keuangan 2008.

UMKM berisiko serius dimana lebih dari 50 persen UMKM tidak akan bertahan beberapa bulan kedepan berdasarkan analisa Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Dampak tersebut tidak hanya mempengaruhi sisi finansial para pelaku usaha, namun juga kesehatan mental.
Sedangkan menurut survei Gallup pada Mei 2020 lalu, 51 persen dari pelaku UMKM pria dan 62 persen pelaku UMKM wanita mengalami stres setiap harinya semasa pandemi.

Rangkaian kegiatan dan bentuk dukungan ini juga dihadirkan dalam rangka World Kindness Day atau Hari Kebaikan Dunia yang jatuh pada tanggal 13 November 2020.

Bank Danamon menggandeng Halodoc (platform layanan kesehatan digital), Goplay (platform streaming hiburan), TopKarir (portal pencarian karir untuk masyarakat Indonesia), dan Investree (salah satu perusahaan Fintech terkemuka), dalam menghadirkan rangkaian dukungan kepada sekitar 200 pelaku UMKM untuk membangkitkan kembali kesehatan finansial dan mental mereka.

“Masa yang menantang ini tidak hanya berdampak kepada sisi finansial para pelaku UMKM, namun juga dalam segi kesehatan mental dan psikis para wirausahawan ini. Untuk itu, kami bersama dengan mitra-mitra kami yaitu Investree, Halodoc, Goplay, dan Topkarir memberikan bantuan yang mencakup kedua aspek kebutuhan mereka ini yang sama pentingnya,” Herry Hykmanto, Direktur Syariah & Sustainable Finance Bank Danamon dalam rilisnya yang diterima TILIK.id, Jumat (20/11/2020).

Harapan kami, kata Hykmanto, kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan inspirasi bagi para pelaku UMKM ini untuk tetap terkendali dalam melanjutkan perannya sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini dibuka dengan sesi literasi keuangan bertajuk “Transformasi Digital: Semua BISA Seimbang” pada t 17 November 2020 dengan narasumber dari Bank Danamon dan Investree.

Narasumber memberikan wawasan dan pengetahuan kepada sekitar 200 pelaku UMKM yang berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Makassar dan Bandung untuk membangun usaha yang sehat.

Selain mendapatkan pembekalan literasi keuangan, para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi kesehatan, mendapatkan hiburan pelepas stres, serta akses terhadap materi dan sumber pengetahuan lainnya.

Dalam kesempatan ini, para peserta diberikan akses 30 hari terhadap layanan Halodoc yang meliputi konsultasi dokter secara online terutama terkait Covid-19. Halodoc juga memberikan paket Halofit, yaitu paket suplemen harian, seperti vitamin C untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

“Halodoc percaya bahwa percepatan penanggulangan pandemi dapat tercapai dengan kolaborasi lintas sektor yang kuat. Oleh karena itu, menjadi suatu kehormatan bagi Halodoc dapat menjadi bagian dari inisiatif Danamon ‘World Kindness Day’,” ujar Dionisius Nathaniel, Chief Marketing Officer Halodoc pada sesi literasi.

Danamon, kata dia, tidak hanya berfokus dalam upaya membantu pemulihan ekonomi, namun juga tetap memperhatikan aspek kesehatan para pelaku UMKM.

Program ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan kepedulian dan peran aktif Bank Danamon kepada masyarakat Indonesia dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Bank Danamon juga bekerjasama dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) dan Gojek menghadirkan webinar kepada merchant-merchant Gojek untuk tangguh melawan pandemi COVID-19 melalui transformasi digital.

Bank Danamon juga telah memberikan donasi lebih dari 11.000 APD yang sebagian bekerja sama dengan Indonesia Kuat, sebuah LSM yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan 12.000 paket sembako disalurkan di wilayah kerja di 26 provinsi.

Bank Danamon juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BP Jamsostek dalam menyalurkan asuransi kepada 10.000 relawan Covid-19 di bawah koordinasi BNPB.

Melalui BenihBaik dan YABB, Bank Danamon juga menyalurkan bantuan kepada para pengemudi online Grab dan Gojek dalam bentuk donasi tunai sebesar lebih dari Rp1 Miliar. (ltn)

Komentar