Artis Serba Bisa Dorce Gamalama Tutup Usia Divonis Covid-19

TILIK.ID — Masih ingat artis serba bisa Dorce Gamalama? Lama tak terdengar kiprahnya tiba-tiba dikabarkan wafat di RS Pusat Pertamina Simprug Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022) sekira pukul 08:30 WIB.

Dorce Gamalama meninggal dunia setelah positif Covid-19 selama tiga minggu belakangan. Info ini disampaikan Bunda Hetty yang merupakan sahabat dan sengkatan Dorce di dunia selebriti.

“Iya sekarang masih di RSPP Simprug, beliau divonis Covid, jadi enggak bisa dibawa pulang. Mungkin rumah sakit kali yang ngurus semua. Enggak tahu di mana di pemakaman Covid, di mana enggak tahu,” ungkap Bunda Hetty Rabu pagi di RSPP.

Dorce Gamalama dikenal artis serba bisa. Bisa melawak, nyanyi, presenter, pemain film dan sekali-kali membawakan dakwah saat mendampingi jamaah umroh Tiga Utama.

Dalam perjalanan hidupnya, Dorce diketahui merupakan transgender wanita yang mengubah kelaminnya pada tahun 1980-an silam.

Ya, Dorce Gamalama terlahir sebagai pria dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi pada 21 Juli 1963. Sejak kecil, dia tertarik pada dunia komedi, terlebih saat beradegan pura-pura menjadi wanita. Ia pun mendapatkan panggilan nama sebagai Dorce.

BACA JUGA :  Burung pun Diberi Hak Hidup, Apalagi Si….

Lambat laun, Dorce Gamalama merasa dirinya terperangkap dalam tubuh laki-laki. Karenanya dengan berbagai pertimbangan, dia melakukan operasi ganti kelamin menjadi seorang wanita di Surabaya pada tahun 1983.

Operasi ganti kelamin ditangani Prof. Dr. dr. Djohansjah Marzoeki Sp.BP, ahli bedah plastik dari RSUD dr. Soetomo.

Keputusan Dorce Gamalama mengganti kelamin dari pria ke wanita menimbulkan banyak kontroversi. Namunya pun semakin dikenal oleh masyarakat.

Dorce Gamalama pindah ke Jakarta pada tahun 1990. Ia mendapatkan tawaran film sebagai bintang utamanya yakni film Dorce Sok Akrab (1989) dan Dorce Ketemu Jodoh (1990).

Seolah belum puas, Dorce mendalami dunia tarik suara. Ia meluncurkan singel berjudul Cintaku Kendur di Jalan. Kemudian, Dorce Gamalama juga berprofesi sebagai presenter acara, Dorce Show sejak awal tahun 2005.

Dorce Gamalama diketahui sempat menjalin hubungan dengan sejumlah pria. Namun, kisah cintanya sangat tertutup.

Meski demikian, Dorce diketahui mengadopsi tiga anak bernama Rizky, Fatimah, dan Khadijah.

Dalam podcast Denny Sumargo, Dorce mengeluarkan pengakuan telah menyiapkan makam jika kelak meninggal dunia. “Saya sudah punya kain kafan sendiri, saya punya kuburan sendiri,” katanya.

BACA JUGA :  Ancol Ditutup Lalu Kucing-Kucingpun Menangis

“Rumah saya di Lubang Buaya, itu masjid, nah sebelahnya tempat saya itu berpulang,” ungkap Dorce Gamalama di YouTube Denny Sumargo. (lkm)

Komentar