oleh

Ulama Cianjur Doakan Dandim Baru Optimal Mangawal Masyarakat

TILIK.id, Cianjur – Masyarakat Kabupaten Cianjur Jawa Barat dikenal sangat agamais. Puluhan pesantren terdapat di wilayah ini dengan kiai-kiai dan ulama yang kharismatik.

Komandan Kodim 0608/Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi, SH. MM, yang baru menjabat pada 5 Agustus lalu memahami karakteristik warga Cianjur.

Karena itu langkah awal yang dilakukan adalah dengan bersafari silaturahmi ke ulama-ulaman di Cianjur. Itu dilakukan pada Semin dan Selasa pekan lalu.

Tak hanya sendiri, Dandim membawa Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Suntoro serta Pasi Intel Kpt Arm Sugiyanto untuk bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh ulama di Cianjur.

Ulama yang dikunjungi, yakni Pimpinan Ponpes Al Ittihad, KH. Kamali Abdul Ghani, di Jalan Raya Bandung KM 03 Rawabango, Desa Bojong Kecamatan Karangtengah, Cianjur. Dari sini dilanjutkan ke Pimpinan Ponpes Tanwiriyah, KH. Deden Ahmad Jauhar Tanwiri, LML, di Kampung Sindanglaka RT 02/01 Desa Sindanglaka Kecamatan Karangtengah, Cianjur, dan ke Pimpinan Ponpes Gelar KH.

Kedatangan Dandim bersama rombongan tersebut disambut hangat oleh sejumlah ulama. Bahkan, dalam perbincangannya, para ulama mendoakan Dandim Rocky Arinuryadi.

Sebelumnya, Dandim terlebih dahulu mengunjungi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur KH Abdul Rauf serta orang tuanya yang juga mantan Ketua MUI Cianjur KH Raden Abdul Halim, di kediamannya di Kelurahan Bojoherang, Cianjur pada Senin.

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Rauf sangat berterima kasih kepada Komandan Kodim 0608/Cianjur yang telah meluangkan waktunya untuk datang dan bersilaturahmi ke kediamannya.

“Silaturahim seperti ini merupakan bentuk persaudaraan untuk mempererat dan menjaga kebersamaan, kami MUI Kabupaten Cianjur dan Kodim 0608/Cianjur siap selalu berkoordinasi untuk menjaga situasi kondusif antar umat beragama di wilayah Cianjur,” tandas KH Abdul Rauf.

Sementara itu, tokoh, serta sesepuh MUI, KH Raden Abdul Halim mengucapkan terima kasih yang sudah datang ke kediamannya. “Terima kasih sudah datang, mudah-mudahan Allah berikan kemudahan,” ungkapnya.

Pihaknya merasa senang dengan pergantian Dandim yang makin kesini makin muda. “Saya senang, setiap ganti Dandim, selalu muda-muda. Silahkan kalau ada apa-apa datang ke sini (MUI), cuman kalau datang ke Kiai, hanya memberikan doa, nasehat, petunjuk dan bimbingan,” katanya.

Pimpinan Ponpes Al Ittihad, KH. Kamali Abdul Ghani, berterima kasih atas kunjungan Dandim ke Ponpes Al Itihad. Dengan kedatangannya Dandim ke Ponpes Al Itihad berarti diperhitungkan.

“Saya ucapkan terima kasih dan bersyukur, berarti Ponpes Al Itihad diperhitungkan. Karena kerjasama itu hambar tanpa didukung ulama,” ujarnya.

Sementara, pimpinan Ponpes Tanwiriyah, KH. Deden Ahmad Jauhar Tanwiri, LML, mengaku senang atas kedatangan Dandim 0608/Cianjur. Pihaknya berharap, dengan adanya Dandim baru bisa bekerja sama dengan para ulama.

“Apalagi sebentar lagi Cianjur akan menghadapi Pilkada, saya berharap bisa aman, kondusif dan lancar,” harapnya.

Di Ponpes Tanwiriyah, Dandim melaksanakan sholat berjamaah bersama santri. Bahkan, usai melaksanakan sholat berjamaah, para santri ikut mendoakan dengan dipimpin langsung pimpinan ponpes.

Terakhir, Dandim bersilaturahmi ke Ponpes Gelar. Sambutan hangat pun saat kedatangan Dandim disambut langsung pimpinan Ponpes Gelar.

“Alhamdulillah bisa datang dan bersilaturahmi. Mudah-mudahan Pak Dandim bisa optimal mengawal masyarakat, semoga bisa menyayangi masyarakat yang membutuhkan, dan kedepan bisa tentram ayeum,” harapnya.

Menurut Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi S.H. M.M, kedatangannya tersebut, selain manjalin tali silaturahmi juga untuk memperkenalkan dirinya sebagai Dandim baru di Cianjur serta untuk mengajak hubungan baik dengan para tokoh agama yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Kedatangan kami selain untuk saling mengenal, juga dalam rangka mempererat tali silaturohmi dan menjaga hubungan baik dengan para tokoh agama yang ada di Kabupaten Cianjur,” ungkap Dandim. (lma)

Video silaturahmi Dandim 0608/Cianjur ke sejumlah ulama Kabupaten Cianjur:

Komentar