oleh

Kodim Cianjur Siagakan Babinsa Bantu Menekan Penyebaran Covid-19

TILIK.id, Cianjur – Komando Distril Militer (Kodim) 0608/Cianjur terus mengambil peran penting dalam membantu menekan penyebaran Covid-19. Salah satu peran itu adalah menyiagakan Babinsa di masing-masing Koramil untuk menekan angka penularan Covid-19.

“Masing-masing anggota Babinsa melakukan pendataan dan sosialisasi pada warga untuk lebih meningkatkan kesadaran mematuhi protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta bagi warga dari luar kota rajin memeriksakan kesehatan,” kata Dandim 0608 Cianjur, Letkol (Kav) Ricky Arinuryadi di Cianjur, Jumat.

Dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk membantu pemerintah dalam penanganan cepat Covid-19, termasuk berkoordinasi dengan Forkopimda dan Satgas Covid-19 Cianjur.

Ketika PSBB diberlakukan di Jakarta, diperkirakan akan banyak warga asal Cianjur yang selama ini bekerja di Ibu Kota untuk memilih pulang kampung, sehingga penularan akan rentan terjadi.

“Babinsa di masing-masing wilayah akan melakukan pendataan bersama Gugus Tugas di tingkat RT dan RW,” ujar Dandim Ricky Arinuryadi.

Tidak hanya mendata dan mengimbau, kata dia, petugas kami di lapangan akan meminta warga yang pulang kampung untuk memeriksakan kesehatannya sebelum pulang ke rumah.

“Jangan sampai membawa virus berbahaya dan menularkan pada keluarga serta warga sekitar,” kata Letkol Ricky lagi.

Selama pandemi Covid-19, Kodim 0608 Cianjur, bersama unsur Forkopimda lainnya melakukan kegiatan sosial dengan cara membagikan masker dan cairan pencuci tangan serta memberikan tes usap serta cepat secara gratis di masing-masing kecamatan. (bmn)

Komentar