oleh

Burung pun Diberi Hak Hidup, Apalagi Si….

TILIK.ID — Seorang warga Jakarta mengunggah sebuah foto di mana seekor burung tersangkut di kabel listrik. Burung tersebut meronta-ronta karena juga terlilit benang layangan di kabel udara di Jalan Rukun Ujung Pejaten Timur, Jakarta.

Pengunggah foto kemudian minta tolong yang bisa membantu menyelamatkan burung Pingai (sejenis Pipit kecil) atau lazim disebut burung Gereja.

“Halo ka.. Apakah bisa menolong burung yang tersangkut di tiang listrik?” tulis warga itu kepada peugas Damkar DKI Jakarta, Senin (13/9/2021).

Merespons itu, petugas DamkarDKI dari Sektor Kecamatan Pasar Minggu membantu mengevakuasi sang burung.

Peristiwa itu mendapat apresiasi dari warganet setelah Gubernur DKI Anies Baswedan mengunggah momen-moment pertolongan itu di akun medsosnya.

Aktivis Sosial Geisz Chalifah juga mengunggah rangkaian foto burung dan petugas Damkar Pasar Minggu yang menolong sang burung.

“Seekor burung gereja tersangkut benang di kabel listrik. Seorg warga mengirim aduan ke Damkar DKI. Petugaspun dtg membebaskan burung itu dari penderitaannya. Gubernur DKI mengapresiasi & meminta warga yg peduli lingkungan utk melaporkan setiap ada mslh,” tulis Geisz Chalifah di akun twitternya, Selasa (14/9/2021).

Warganet merespons dengan kalimat beragam. Bankan tak sediikit menanggapi positif postingan Geisz Chalifah.

“Gw demen nih.. Berita sepele.. Tapi bermakna besar.. Burung liar aja diperhatiin, apalagi elo coy warga betawi…,” tulis akun Nasrul Budiyanto.

Hal sama ditulis Keliex Tea menanggapi cuitan Geisz. Dia mengapresiasi Gubernur Anies Baswedan yang burung pun diberi hak hidup.

“Burung aja di urusin dan di beri hak hidup… Apalagi Cebong ! Walau cebong bangsat tp biar dia hidup…buat nyukup2 kebutuhan neraka. Minimal saingan buat masuk surga agak ringanan dech..…” cuitnya.

Geisz tak sekadar menyampaikan sebuah peristiwa pertolongan seekor mahluk. Namun aktivis sosial dan kemanusiaan ini memberi pesan tentang bagaimana responsifnya Pemprov DKI di bawah Anies soal kehidupan. Tak hanya kucing, tapi juga ikan, burung, dan bahkan hewan lain di Ragunan pun menjadi tanggungjawabnya. (les)

Komentar