Burhanuddin Sukses Membangun Bombana, Ditangisi Pergantiannya

TILIK.ID — Masyarakat Bombana tidak akan melupakan Ir H Burhanuddin MSi. Penggantiannya di tengah jalan sebagai Pj Bupati Bombana ditangisi warganya. Legacy yang ditinggalkan benar-benar menyentuh kebutuhan masyarkatnya.

Ir H Burhanuddin mengemban amanah sebagai Pj Bupati Bombana mulai pada 24 Agustus 2022 dan diperpanjang lagi pada 24 Agustus 2023 yang lalu, yang setelahnya akan berakhir pada 24 Agustus 2024.

Namun Kepala Dinas Sosial Provinsi Sultra ini diganti di tengah jalan oleh Edi Suharmanto. Edi dilantik menggantikan Burhanuddin pada 27 November 2023.

Penggantian Burhanuddin ditangisi masyarakat Bombana. Hasil karya yang ditinggalkan mantan mantan Kadis Bina Marga dan Sumberdaya Air itu diakui sangat memuaskan warga Bombana.

Para tokoh di Bombana mengapresiasi hasil kerja Burhanuddin. Menurutnya, Burhanuddin hanya bekerja 16 bulan namun hasilnya seperti bekerja 5 tahun.

Grup-grup whatsApp sejak Senin lalu berisi tentang penggantiannya di tengah jalan. Ada yang sedih, menitikkan air mata, dan ada pula yang menolak pergantian itu. Mereka kompak mengakui kesuksesan Burhanuddin memimpin Bombana.

BACA JUGA :  Anies Lepas Ekspor Perdana Beras, Pertama dalam Sejarah DKI Jakarta

Penggantian mendadak itu pun seperti mengabaikan unsur kinerja Burhanuddin. Deretan karya nyata Burhanuddin seperti tak ada nilainya di mata pemerintah pusat.

Rentetan karya Burhanuddin terlihat nyata di berbagai kecamatan di Bombana. Paling menonjol di Pulau Kabaena. Di sana dia berhasil mengalirkan listrik 24 jam. Sebelumnya, listrik beroperasi hanya 15 jam sehari di pulau itu.

Masih di Kabaena, selama belasan tahun, jalan-jalan di Pulau Kabaena tak tersentuh aspal. Namun Burhanuddin secara bertahap mampu menyelesaikan persoalan jalan dengan menggelontorkan anggaran baik dari APBD maupun APBN.

Sejumlah ruas jalan di Sikeli yang menghubungkan Kecamatan Kabaena Barat ke Kabaena Utara kini terbalut aspal.

Burhanuddin mendorong kesejahteraan masyarakat Bombana melalui One Village One Produk atau 1 desa 1 produk. Selain itu meluncurkan program 1 hektare 1 OPD dan mengeluarkan tagline Menata Kota Memberdayakan Desa.

Ayo ke Bombana; Surga Investasi juga menjadi andalan pembangunan di daerah yang 19 Desember mendatang berulang tahun ke-20. Juli lalu, Burhanuddin telah menandatangani MoU dengan PT Green Energy Indonesia untuk mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau tenaga angin.

BACA JUGA :  Jokowi Lantik Ketua Relawan ProJo Budi Arie Setiadi Jadi Menteri Kominfo

Tak hanya itu, Burhanuddin juga berhasil membawa Kabupaten Bombana sebagai salah satu daerah yang berhasil masuk dalam nominasi award pengendali inflasi terbaik tingkat nasional tahun 2023.

Minggu 26 November 2023, malam, sebelum meninggalkan rumah jabatan bupati, Burhanuddin mengatakan dirinya sudah seperti orang Bombana. Ini adalah hal yang patut disyukuri karena ada tugas yang telah dilaksanakan.

Burhanuddin bersyukur karena telah mendapatkan saudara-saudara baru di Bombana, dan kebersamaan ini akan tetap berlanjut.

Burhanuddin juga mengucapkan terima kasih kepada dinas-dinas yang telah bekerja sama dan terlibat langsung dalam terlaksananya kegiatan selama masa jabatannya di Bombana.

Burhanuddin memohon maaf apabila ada pelayanan yang belum dilakukan dan masih ada yang belum berjalan secara maksimal selama menjabat sebagai Pj Bupati Bombana.

“Terima kasih, Bombana ini sudah seperti rumah saya sendiri,” ujarnya saat malam perpisahaan di Rujab Bupati, Ahad malam (26/11/2023).

Tak hanya tokoh masyarakat, tokoh agama, Kemendagri, dan PNS lingkup Pemkab Bombana, anggota DPRD juga mengapresiasi kinerja Burhanuddin membangun Bombana.

BACA JUGA :  Pj Bupati Bombana Temukan Banyak Bantuan Salah Sasaran

Wakil Ketua DPRD Bombana Iskandar menyatakan apresiasinya terhadap kinerja Burhanuddin selama memimpin Bombana sejak 24 Agustus 2022 hingga 26 November 2023.

“Banyak perubahan positif selama Burhanuddin menjabat, terutama dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti pengaspalan jalan di Kabaena, penyediaan listrik, dan penataan ibu kota,” ujarnya, Senin (27/11/2023).

Menurut Iskandar, Burhanuddin berhasil memberikan prioritas yang tepat pada kebutuhan mayoritas masyarakat. Iskandar menilai berbeda dari para pemimpin sebelumnya. Burhanuddin telah memenangkan hati masyarakat Bombana.

Iskandar berharap agar Pj Bupati Bombana pengganti Burhanuddin mampu melanjutkan kinerja positif tersebut.

Ia juga berharap harus ada kejutan-kejutan baru dari penjabat bupati yang baru, sebagaimana yang telah ditunjukkan Burhanuddin saat menjadi Pj Bupati Bombana.

“Dari kejutan pergantian ini, saya berharap penjabat yang menggantikan pak Bur, juga akan memberikan kejutan-kejutan yang baru, seperti halnya dia di lantik sebagai Pj bupati Bombana,” pungkas Iskandar. (zal)

Komentar