oleh

Menteri BUMN Saksikan Pertamina Serahkan Bantuan 305 Ventilator

TILIK.id, Jakarta — Pertamina terus membantu menyediakan fasilitas kesehatan dalam rangka memberi kontribusi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seperti yang kembali dilakukan dengan menyerahkan bantuan 305 unit ventilator senilai Rp. 93,4 miliar kepada Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bantuan tersebut untuk didistribusikan kepada RS BUMN dan RS rujukan dari pemerintah daerah. Bantuan tersebut sebagai bentuk kontribusi Pertamina di dalam penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut diserahkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada Ketua Yayasan BUMN dan disaksikan Menteri BUMN Erick Tohir, Sesmen BUMN dan Dirut Pertamedika, di Jakarta, Jumat (9/10).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bantuan ventilator merupakan dukungan Pertamina kepada tenaga medis yang bertugas di RS BUMN dan RS Rujukan Covid-19 dalam menangani pasien yang membutuhkan bantuan alat pernapasan.

“Dengan semakin tercukupinya kebutuhan peralatan medis, utamanya ventilator diharapkan akan semakin membantu pasien Covid-19 agar bisa segera pulih kembali, dan kembali produktif,” terang Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, ventilator merupakan alat medis yang sangat penting dibutuhkan dalam menangani pasien, sehingga sejak awal pandemi pada bulan Maret 2020 lalu, Pertamina langsung melakukan pengadaan ventilator. Secara bertahap, bantuan ventilator disalurkan ke Rumah Sakit Rujukan.

“Dengan dukungan berbagai pihak, saat ini seluruh pengadaan ventilator sudah tuntas dan akan langsung didistribusikan melalui anak usaha Pertamina yakni Pertamedika,” imbuh Fajriyah.

Menurut Fajriyah, bantuan ventilator yang didistribusikan melalui Pertamedika sebanyak 291 Unit akan didistribusikan kepada 70 RS BUMN, 9 Unit kepada RS Non BUMN dan 5 Unit kepada RS Rujukan melalui Pemprov Jawa Timur.

Seperti diketahui, hingga saat ini Pertamina telah menyerahkan bantuan 222.698 alat pelindung diri (APD), 692.526 masker dan 7.636 liter hand sanitizer beragam ukuran yang disebarkan ke Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, customer SPBU, Awak Mobil Tangki (AMT), masyarakat, serta instansi pemerintah. Bantuan tersebut terdistribusi kepada 124 Rumah Sakit, 112 Puskesmas dan 82 Posyandu.

Pertamina juga telah melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak 6.433 titik lokasi di antaranya pada sarana ibadah, sekolah, SPBU dan fasum lainnya. Pemberian sarung tangan sebanyak 102.920 untuk petugas medis dan Awak Mobil Tangki (AMT).

Tak hanya bantuan berupa alat kesehatan, Pertamina juga turut membangun wastafel portable untuk Puskesmas dan fasum lainnya sebanyak 1.984 unit hingga 162.301 paket bantuan berupa makanan siap santap/sembako bagi petugas medis, jurnalis, pekerja sektor informal, kaum marginal dan lainnya.

“Bantuan penanganan Covid-19 dilakukan sebagai komitmen Pertamina mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin 3 menjamin kehidupan yang sehat. Selain itu Pertamina berkomitmen untuk senantiasa berbagi kebaikan, membantu sesama anak negeri, karena Pertamina sejatinya lahir dari rahim ibu pertiwi. Dengan dukungan seluruh stakeholder, Pertamina akan terus mendarmabaktikan peran dan kiprahnya untuk menjadi lokomotif pembangunan nasional demi kemajuan bangsa,” pungkas Fajriyah. (lma)

Komentar