oleh

Grand Prix Rusia, Lewis Hamilton Start Terdepan

TILIK.id, Jakarta — Pembalap Mercedes Lewis Hamilton kembali meraih pole position unttuk balapan Formula 1 Grand Prix Rusia. Start terdepan diraih setelah di sesi kualifikasi pada Sabtu (26/9/2020) mencatat waktu tercepat 1.31,304 detik.

Dengan posisi start terdepan, pembalap Inggris itu mengincar rekor kemenangan ke-91 serta mengincar rekor Michael Schumacher yang mana Lewis Hamilton membutuhkan satu kemenangan lagi.

Hasil kualifikasi itu merupakan pole position ke-96 bagi Hamilton selama menjadi juara dunia enam kali.

Hamilton mengakhiri sesi kualifikasi di bawah pengawasan steward, bersama tiga pebalap lainnya, karena masuk kembali ke trek dengan cara yang membahayakan di Tikungan 2.

Hamilton berada di P15 dan belum mencetak lap yang baik ketika itu. Upayanya di menit-menit terakhir mampu membuatnya masuk di peringkat 10 besar di sesi terakhir kualifikasi untuk berebut tempat start terdepan.

Di pengujung sesi terakhir, Hamilton mencetak lap terbaik sekaligus memecahkan rekor lintasan dengan waktu satu menit 31,304 detik.

Max Verstappen dengan mobil Red Bull akan start dari tempat kedua di Sochi, sementara rekan satu tim Hamilton, dan juga rival terdekat di klasemen, Valtteri Bottas akan mengawali serangan dari P3.

Verstappen menyingkirkan Bottas dari baris terdepan krdua dengan waktu 1:31,867 detik.

“Ini adalah salah satu kualifikasi terberat yang pernah aku jalani seingatku,” kata Hamilton.

Sergio Perez tampil brilian untuk mengamankan P4 dengan mobil Racing Pointnya, diikuti Daniel Ricciardo di start ke-5 (P5) untuk Renault.

Pebalap McLaren Carlos Sainz mengalahkan mobil Renault kedua yang dikendarai Esteban Ocon untuk mengklaim P6.

Sedangkan Lando Norris, Pierre Gasly adan Alex Albon melengkapi posisi start sepuluh besar untuk McLaren, AlphaTauri dan Red Bull.

Kendati membawa komponen baru di Rusia, Ferrari gagal mengirim kedua pebalapnya ke Q3 ketika Charles Leclerc dan Sebastian Vettel masing-masing finis P11 dan P15.

Vettel mengalami kecelakaan di Q2 sebelum ia memasuki bagian akhir sesi itu untuk berupaya mencetak lap terbaiknya. (klm)

Komentar