oleh

Hamilton: Lap Terakhir yang ‘Mengerikan’

TILIK.id — Meski balapan perdana Formula 1 2021 sudah terlewat 24 jam, namun pertarungan Lewis Hamilton dan Max Verstappen terus dibicarakan. Bahkan pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengatakan: Lap Terakhir yang Mengerikan.

Ya, pembukaan Grand Prix Bahrain diangap sangat spektakuler dengan hasil akhir kemenangan Hamilton. Dia seperti diberi tugas berat untuk menahan laju Max Verstappen untuk meraih kemenangan.

Dan setelah balapan, sang juara bertahan mengatakan beberapa lap terakhir “mengerikan” saat ia berjuang untuk tetap berada di depan rivalnya, Max Verstappen.

Memulai dati posisi kedua setelah Verstappen, Hamilton melemahkan pembalap Red Bull itu dengan pit stop awal pada Lap 13, dan pemberhentian keduanya terjadi 10 lap sebelum pit stop kedua Verstappen.

Itu membuat pertarungan yang mendebarkan untuk meraih kemenangan. Pembalap asal Belanda itu menekan driver Mercedes dengan ban baru saat putaran semakin dekat. Sang juara bertahan menjelaskan bagaimana rasanya berada di belakang kemudi.

“Mengerikan,” katanya. “Tidak bagus. Saya berjuang jelas di bagian akhir dengan bagian belakang mobil saya; ban belakang saya… telah lepas dan mereka mungkin delapan lap lebih tua, mungkin lebih, dari ban Max. Saya tahu dia akan mengejar saya dengan 10 lap tersisa dan saya berpikir akan sangat tidak mungkin untuk menahannya, yang pada kenyataannya, sampai insiden Tikungan 4,” beher Lewis Hamilton.

Lewis Hamilton.

Di Tikungan 4, Max Verstappen melewati Hamilton di Lap 53 dari 56. Tapi pembalap asal Belanda itu dianggap melebar melawati batas sirkuit sehingga diperintahkan untuk mengembalikan tempat tempatnya di belakang Hamilton. Pembalap Red Bull itu mengejar lagi tetapi berakhir 0,745s dari Hamilton saat bendera kotak-kotak dikibarkan.

“Saya tidak percaya saya bisa menahannya begitu saja. Saya berhasil membuatnya tetap terjaga… dan kemudian sulit baginya di tempat-tempat tertentu untuk mendekat. Dan dia berakhir melebar di beberapa tempat, yang memberi saya keunggulan,” katanya lagi.

Pemenang akhirnya mengakui bahwa dia tidak yakin dirinya bisa mempertahankan keunggulan sampai lap terakhir balapan, karena terus bergulat untuk mengendalikan W12 dengan ban keras yang sudah aus.

“Saya pikir itu benar-benar lap terakhir ada poin, saya pikir begitu saya lolos di Tikungan 4, saya tahu saya berada di posisi yang baik,” katanya.

“Tapi kemudian [ada] oversteer dari Tikungan 10 dan kegugupan dari Tikungan 11, ubah oversteer menjadi 13 yang sangat buruk dan saya berpikir: ‘Itu dia – dia punya saya sekarang’

Namun, terlepas dari penyelesaian yang sulit, juara tujuh kali itu mengatakan dia menikmati tantangan itu, yang dia alami untuk memenangkan pertandingan pembuka musim pertamanya sejak 2015.

“Saya menyukai setiap menitnya,” kata Hamilton. “Setiap menit di akhir pekan saya sangat menyukai dan [lebih dari itu] tahu, saya pikir bagi kami sebagai sebuah tim, kami tahu kami tertinggal dalam performa,” ungkapnya.

Setelah pembukaan musim yang mendebarkan, pertarungan akan dilanjutkan pada balapan berikutnya di Imola, dalam waktu tiga minggu.(kml)

Komentar