oleh

Bayern Munchen Juara Lagi, Pukul Sevilla 2-1 di Laga Super Cup

TILIK.id, Jakarta — Piala Super Cup mempertemukan juara Liga Champions Bayern Munich melawan juara Liga Eropa Sevilla. Laga yang dimainkan di Stadion Puskas Arena Budapest itu berkesudahan 2-1 untuk Bayern Munchen.

Laga yang dipimpin wasit Anthony Taylor asal Inggris itu berjalan alot. Kedua tim saling jual beli serangan. Wasit pun harus merogoh 6 kartu kuning. Dua gol Munchen dianulir wasit.

Lebih alot lagi pertandingan harus melalui perpanjangan waktu. Beruntung Javi Martinez membuat gol penentu kemenangan buat The Bavarian lewat sundulan kepala di menit ke-104.

Sevilla memimpin lebih dulu lewat eksekusi penalti oleh Ocampos. Penalti itu sendiri agak kontroversial, lantaran Ivan Rakitic terjatuh bukanlah pelanggaran. Davd Alaba hanya menahan badan namun Rakitic menabrak dan terjatuh.

Ocampos yang mengeksekusi penalti
berhasil mengecoh kiper Bayern, Manuel Neuer. Penjaga gawang terbaik dunia itu bergerak ke kanan namun bola mengarah ke kiri gawang.

Tertinggal 1 gol, Bayern meningkatkan serangan dari berbagai sisi. Robert Lewandowski, Thomas Mueller, Serge Gnabry dan Leon Goretzka bergantian mengancam gawang tim asal Spanyol itu.

Serangan demi serangan yang dibangun selalu gagal di tangan kiper Yossie Banou. Namun upaya yang dibangun Bayern baru menghasilkan gol balasan pada menit ke-34.

Umpan lambung dari tengah lapangan ke mulut gawang Sevilla tepat dalam jangkauan kaki Robert Lewandowski. Dengan sedikit sentuhan bola berbalik ke Leon Goretzka Dengan tendangan tengah kaki yang keras, gol pun tercipta.

Kedudukan 1-1 tidak berubah hingga turun minum meski ancaman dari pemain-pemain Sevilla juga tak kurang tajam.

Di babak ledua, Bayern membuka serangan. Namun justru Sevilla lebih dulu mengancam gawang Neuer. The Bavarian pun kembali mengatur variasi serangan. Baik lewat sisi kiri yang bergantian diisi Muller dan Gnabry.

Serangan yang dibangun Bayern makin kerap meropotkan benteng pertahanan Sevilla. Bahkan ada dua gol sudah bersarang di jala Sevilla yang dianulir wasit.

Babak kedua kedudukan tidak berubah pertandingan harus perpanjangan waktu. Bayern yang terlihat masih bugar terus membombardir pertahanan tim asal Spanyol itu. Di menit ke 104, gol pun tercipta lewat sundulan pemain belakang The Bavarian, Javi Martinez. 2-1 kedudukan.

Gol tercipta melalui serangan udara. Tiga kali bola memantul oleh kepiawaian kiper Yossie Banou mampu dikonversi menjadi gol oleh Javi Martinez. Itulah go penentu kemenangan raksasa Jerman tersebut.

Di sesi kedua perpanjangan waktu, anak asuh Hans Dieter Flick terus bernafsu menambah keunggulan. Hanya saja, Thomas Muller dan Robert Lewandowski membuang dua kesempatan emas. Lewa sudah berhadapan dengan kiper lawan namun bola cungkilnya melebar.

Begitu juga dengan Thomas Muller gagal mengkonversi bola datar dari Alphonso Davies menjadi gol. Sampai peluit dibunyikan panjang, kedudukan tetap 2-1 untuk Bayern Munchen.

Bayern pun untuk musim ini menjadi tim tersukses di Eropa. Dua titel di Eropa dan dua titel domestik menambah koleksi tropi di lemari pialanya.

Ya, selain juara di Super Cup Jumat dinihari tadi, The Bavarian pun telah menjuarai Liga Champions. Di domestik, selain juara Bundesliga, juga meraih DFB Focal atau juara piala Jerman. (lns)

Komentar