oleh

Bottas Tercepat di Sesi Latihan Bebas 3 Grand Sprix F1 Inggris

TILIK.id, Jakarta — Gagal tercepat di dua latihan bebas Formula 1 Inggris pada Kamis dan Jumat, duo pembalap Mercedes membalas di sesi latihan ke-3 atau PF 3 pada Sabtu (1/8/2020). Valtteri Bottas mengatasi kecepatan kompatriotnya Lewis Hamilton dengan selisih lebih cepat 0,138 detik.

Dengan tercepat 1-2 di PF3 ini, Mercedes membidik pole posisition dari qualifikasi yang akan beelangsung beberapa saat lagi. Performa mobil balap jet darat Mercedes ini cukup impresif.

Meski di PF1 dan PF2 gagal tercepat, baik oleh Bottas maupun Hamilton, namun Mercedes tidak kehilangan kecepatan. Di PF1, Hamilton mencatat tercepat ke-2. Sedangkan di PF2, Bottas tercepat ke-3 di mana Hamilton di posisi 5.

Di PF3, suhu yang lebih rendah membantu Mercedes tampil lebih cepat dari dua sesi latihan bebas di hari sebelumnya. Terbukti duo pembalapnya menjadi tercepat 1-2.

Bottas mencatat waktu satu menit 25,873 detik, unggul 0,138 detik dari Lewis Hamilton. Pebalap Red Bull Max Verstappen finis peringkat tiga, 0,300 detik di belakang sang pebalap asal Inggris itu.

Pemuncak FP2, Lance Stroll kali ini harus puas finis P4 untuk Racing Point. Sementara McLaren mengirimkan kedua pebalapnya, Carlos Sainz dan Lando Norris masing-masing di P5 dan P7, keduanya dipisahkan oleh mobil Ferrari Charles Leclerc di posisi P6.

Nico Hulkenberg, yang menggantikan Sergio Perez yang terinfeksi COVID-19, membawa mobil Racing Point kedua di P9, di depan duet AlphaTauri Pierre Gasly dan Daniil Kvyat.

Alexander Albon mengawali akhir pekan yang sulit setelah Red Bull menemui masalah kelistrikan di power unit mereka, sehingga memaksa sang pebalap asal Thailand itu melewatkan sebagian besar sesi latihan terakhir sebelum kualifikasi.

Tim Red Bull juga berhasil membangun kembali mobil Albon yang rusak setelah kecelakaan di FP2 dalam semalam sehingga ia mampu turun 15 jelang akhir sesi untuk finis P13.

Sedangkan pembalap Ferrari Sebastian Vettel hanya mampu finis P14 setelah dirundung masalah intercooler dan pedal box di dua sesi latihan pertama.

Pebalap Jerman itu hanya mampu sedikit lebih cepat dari pebalap Haas Romain Grosjean dan pebalap muda Williams, George Russell. 

Komentar