PKS Resmi Dukung Anies, Deklarasi Dimeriahkan Kader, Relawan, dan Simpatisan

TILIK.ID — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Keputusan itu disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Kamis (23/2/2023).

Penetapan Anies Baswedan sebagai calon presiden PKS diumumkan usai digelar Musyawarah Majelis Syura (MMS VIII PKS. Pencapresan Anies diumumkan kepada media.

“Proses Musyawarah Majelis Syuro yang ke-8 pada hari ini Alhamdulillah pembahasan itu mengerucut bahwasannya sosok yang dimaksud pada Musyawarah Majelis Syuro yang ke-7 itu jatuh pada Anies Rasyid Baswedan,” kata Syaikhu.

Yang menarik, sebelum mendeklarasi Anies, ratusan massa yang merupakan simpul-simpul relawan dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANies) hadir mendukung keputusan PKS tersebut.

Relawan ini membaur dengan ratusan kader-kader PKS di berbagai wilayah di Jakarta di Bumi Perkemahan Ragunan. Tampak membaur petinggi PKS Mardani Ali Sera, dua Presidium DPP ANies H Ambardi dan Muhammad Isnaeni. Tampak Pula Ketu relawan UMKM Anies Joko Wiranto.

Anies Baswedan sendiri hadir dengan menaiki delman masuk ke kantor DPP PKS. Anies mengenakan baju putih, kopiah dan lilitan sarung khas Betawi.

BACA JUGA :  Fadli Zon: Berbau Islamphobia, Narasi Densus 88 Tidak Layak Dipercaya

Usai ditetapkan sebagai capres PKS, Anies Baswedan menyatakan menerima dukungan itu sebagai Bakal Calon Presiden (bacapres) pada Pilpres 2024.

“Hari ini izinkan dengan kerendahan hati dan dengan mengharap ridho dan pertolongan dari Allah SWT kami merasa sangat terhormat untuk secara resmi menerima pencalonan sebagai calon presiden RI tahun 2024-2029 dari PKS,” kata Anies di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis.

Ia menyebut dukungan yang diberikan PKS sebagai sebuah amanat besar dan akan diemban dengan teguh untuk membawa perubahan bagi perbaikan Indonesia.

“Siap untuk bekerja keras siap untuk kerja erat dengan partai pengusung yang sudah dan akan bergabung di dalam sebuah ikhtiar untuk memajukan Indonesia,” ujarnya.

Ia kemudian memanjatkan doa agar proses pencalonannya sebagai bakal calon presiden 2024 berjalan dengan lancar.

“Bismillah perjalanan ini Insyaallah menjadi perjalanan yang mendapat ridho dari Allah,” ucapnya.

Anies mengapresiasi pula perjalanan PKS yang disebutnya tak mudah hingga akhirnya dapat secara resmi menetapkan dirinya sebagai bakal calon presiden 2024.

BACA JUGA :  Bang Yos Tidak Rasis, Cuma Khawatir Serbuan TKA China

“Saat PKS melewati perjalanan untuk memutuskan, PKS melewati jalan perjuangan yang tidak mudah. Banyak rayuan, banyak tekanan, dan juga mungkin ada ancaman. Tapi PKS tetap berpegang teguh kepada prinsip bahwa ini adalah perjuangan untuk kemajuan bangsa, untuk perbaikan,” tuturnya.

Anies sempat menceritakan kebersamaan dengan PKS. Bahwa dengan PKS bukanlah sesuatu yang baru. Pada 2016 lalu, kata Anies, ia pernah mendapatkan amanat pula dari PKS dalam pencalonannya sebagai calon gubernur pada Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu.

“Karena itu kebersamaan ini sudah mengakar dan tumbuh kuat, tinggi menjulang ke atas,” ucapnya.

Setelah mengantarkan kemenangan dirinya pada Pilgub DKI Jakarta 2017, Anies menyebut PKS turut mendampingi, mendukung, dan mengawal perjuangan kepemimpinannya selama lima tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari 2017-2022.

“Tujuan menghadirkan keadilan, ketenteraman, kesejahteraan, persatuan di Jakarta telah tuntas dan kini kita memulai sebuah babak baru,” katanya. (les)

Komentar