Demonstran Tolak Hasil Pemilu Berdatangan ke Gedung KPU

TILIK.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil resmi Pemilu 2024. Sebelum diumumkan, sebagian besar rakyat menyatakan terjadi kecurangan. Mereka pun menolak hasil dengan demo di gedung KPU, Rabu sore hingga malam (20/3/2024).

Di depan KPU ratusan demonstrans sudah berkumpul. Mereka datanh sejak sore. Mereka datang karena meyakini terjadi kecurangan secara TSM (terstruktur, sistematis, dan masif).

Sejumlah demonstran meneriakkan orasi untuk menolak hasil Pemilu 2024 dan juga mendukung hak angket.

Sejumlah anggota Brimob dan TNI telah bersiap melakukan penjagaan di sekitar gedung KPU. Beberapa personel Brimob membawa pelontar gas air mata.

Anggota KPU RI menyebut pengumuman hasil Pemilu 2024 disampaikan setelah waktu berbuka puasa atau sekitar pukul 18.06 WIB waktu setempat.

Mellaz menjelaskan KPU RI akan menyelesaikan beberapa pemilihan anggota legislatif terlebih dahulu. Kemudian, kata dia, merekap dua provinsi tersisa, yakni Papua Pegunungan dan Papua.

“Setelah itu kami akan lihat pasca-pleno selesai, pembacaan hasil dari pemilu tingkat provinsi selesai, dan kemudian kami tetapkan. Selanjutnya tentu kami akan melalui proses atau tahap berikutnya terkait dengan penetapan,” ujarnya. |••

BACA JUGA :  Di Depan Pendukungnya, AMIN Bertekad Kembalikan Kewarasan Bernegara

Komentar