Dialog Anies Sukses di Kendari, Ini Dia Moderatornya

TILIK.ID — Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan hadir berkampanye di Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (9/1/2024). Dua lokasi digunakan, yakni Hotel Claro dan Warkop Bakrie.

Di Claro, Anies orasi tunggal setelah sambutan Ali Mazi SH selaku tuan rumah. Sementara di Warkop Bakrie, Anies berdialog dengan komunitas buruh, petani dan nelayan.

Peserta dialog akan menyampaikan unek-uneknya. Seperti ingin mendesak Anies untuk segera mengatasi ketimpangan. Ada rasa marah, jengkel, sehingga berharap Anies jika jadi presiden memperbaiki semua ketidakadilan yang dirasakannya.

Untungnya yang jadi moderator dalam dialog itu adalah Arsyad Abdullah, Ketua Harian DPW Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANies) Sulawesi Tenggara (Sultra). Arsyad adalah mantan aktivis di HMI, forum-forum debat sudah makanan sehari-harinya.

Menjadi moderator dialog Capres dengan stake holder masyarakat yang termarjinalkan tidak terlalu sulit baginya. Apalagi Anies adalah figur yang paham substansi setiap pertanyaan.

Arsyad Abdullah dalam dialog mampu memoderasi forum dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan keras yang dilontarkan bisa diakomodir dengan baik. Anies pun dengan enteng menjawab pertanyaan para buruh, tani dan nelayan.

BACA JUGA :  Ketua KPU Harap Kampanye Pemilu Tidak Mengumbar Kebencian

Siapa Arsyad Abdullah? Dia kader HMI semasa mahasiswa di Kendari. Selepas mahasiswa dia berkarir di NGO atau LSM di Sultra. Banyak kegiatan pendampingan masyarakat dilakukannya, sehingga paham persoalan-persoalan buruh, tani dan nelayan. Tidak heran kalau dia ditunjuk menjadi moderator dialog Anies.

Sebagai moderator dia pun ditugasi memantau persiapan debat di Warkop Bakrie. Katua DPW ANies Sultra LM Bariun sengaja menugaskan Arsyad bertanggung jawab pada forum dialog itu. Sebab Bariun lebih sibuk berurusan dengan pihak keamanan.

“Ini saya memang ditugasi jadi moderator dan menjaga situasi kondusif. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Saya pun dapat apresiasi dari Pak Anies,” kata Arsyad Abdullah saat mengantar Anies dan rombongan ke Bandara, Selasa sore (9/1/2024).

Para peserta yang terdiri buruh, tani dan nelayan pun menyampaikan apresiasi pada relawan ANies tersebut. /| ••

Komentar