Jangan Ragukan Anies!


Oleh: Isa Ansori
(Kolumnis)

SETIAP pemimpin pasti punya jejak kepemimpinan, dari jejak itulah kita bisa tahu kualitas seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya.

Nah untuk mendapatkan pemimpin yang sesungguhnya, pemimpin yang berpihak kepada rakyat, pemimpin yang mampu menghadirkan keadilan dan pemimpin yang memenuhi janji-janjinya, maka lihatlah jejak calon pemimpin itu sebelumnya.

Pemimpin merupakan orang yang memiliki tanggung jawab lebih di antara yang lain.

Pemimpin bukan sekadar orang yang paling berpengaruh di antara yang lain dan mampu memajukan seluruh bawahannya.

Pemimpin harus memiliki karakter dan sifat-sifat tertentu. Kepemimpinan bisa dianggap sebagai seni dan kreatifitas dari pelakunya.

Dalam hal memimpin, seharusnya pemimpin yang baik punya karakter dan sifat tertentu.

Pemimpin merupakan orang yang mengemban tugas dan tanggungjawab untuk memimpin dan bisa mempengaruhi orang yang dipimpinnya.

Dengan menjadi seorang pemimpin berarti harus siap untuk pengayom rakyat. Artinya bukan hanya memimpin tetapi juga ikut ambil bagian dalam menyejahterakan rakyat.

Setiap pemimpin punya sikap kepemimpinan yang berbeda-beda tergantung karakter dan kepribadiannya.

BACA JUGA :  Hewan Liar dan Formula E

Namun perlu diketahui, ada kriteria tertentu yang akan membedakan pemimpin yang ideal dan kredibel dengan pemimpin yang biasa saja.

Menurut tinjauan psikologi setidaknya ada 10 kriteria yang harus diepnuhi seseorang agar menjadi pemimpin yang mampu membawa bawahannya mencapai target-target yang telah ditetapkan.

Kesepuluh kriteria itu meliputi: Integritas, Menginspirasi, Mampu Berkomunikasi dengan Baik, Kemampuan Pengambilan Keputusan, Kreatif dan Inovatif, Akuntabilitas, Percaya Diri, dan Optimis serta Mempunyai Kecerdasan Emosional.

Nah dengan melihat beberapa kriteria diatas, yuk kita potret sosok Anies Baswedam ketika memimpin Jakarta.

Dalam memimpin Jakarta, Anies telah memperlihatkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin. Anies mampu membuktikan janji-janjinya, sehingga ini membuat Anies menjadi gubernur yang berintegritas. Bukti dari itu adalah berdasarkan survey kepuasan masyarakat Jakarta, sebanyak 84 persen masyarakat merasa puas atas kepemimpinan Anies.

Dalam hal berkomunikasi, Anies tak diragukan lagi, Anies mampu berkomunikasi dengan baik dan terukur, sehingga apa yang disampaikan oleh Anies bisa diukur ketercapaiannya.

Janji-janji Anies mampu dibuktikan dan dipersilahkan semua orang untuk menilainya. Anies pun mampu mempengaruhi dunia dengan komunikasinya yang baik ketika berkampanye untuk perubahan iklim dunia.

BACA JUGA :  Lock Opo Tumon

Hal lain adalah dalam hal pengambilan keputusan, Anies selalu berpihak kepada rakyat dan menempatkan kepentingan rakyat di atas segala-galanya. Anies menyadari bahwa sebagai gubernur, Anies bertugas melayani dan mensejahterakan warganya. Keputusan Anies menutup reklamasi Jakarta adalah keputusan yang bertanggungjawab jawab dan berintegritas untuk kepentingan rakyat.

Kaitan dengan kreatifitas dan inovatif, Anies mampu membuktikan pembangunan di Jakarta yang perkembangannya luar biasa, Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) adalah bukti kreatif dan inovatif nya Anies membangun Jakarta. Hal lain yang menunjukkan kreatifitas dan inovatif nya Anies adalah dalam mengatasi kebersihan kali Jakarta dan penanganan banjir. Kali-kali di Jakarta sudah kelihatan bersih dan genangan air di Jakarta bisa diprediksi beberapa jam sudah akan berkurang.

Anies tipe pemimpin yang mempunyai kepercayaan diri yang baik. Terbukti selama pandemi, Anies dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat mampu mengendalikan penyebaran meski kadang mendapat ganjalan-ganjalan dari pemerintah pusat. Anies menghadapi itu semua dengan jiwa besar dan kecerdasan emosional yang baik. Anies adalah tipe pemimpin yang selalu optimis.

BACA JUGA :  Fadli Zon: Demokrasi Dibunuh, Muhtadi: Pembubaran FPI Bukan Langkah Tepat

Rekam jejak Anies selama memimpin Jakarta, setidaknya akan menjadi referensi bagaimana Anies bila memimpin Indonesia. Sehingga jangan ragukan lagi Anies untuk dipilih sebagai presiden Indonesia tahun 2024.

Surabaya, 8 Maret 2024

Komentar