Andika Calon Kuat Panglima TNI, Dudung Abdurahman Jadi Kepala Staf TNI AD

TILIK.ID — Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan segera pensiun, Jenderal TNI Andika Perkasa disebut-sebut akan menggantikannya sebagai Panglima TNI.
Jiika Jenderal Andika naik Panglima TNI, maka jabatan Kepala Staf AD diprediksi akan jatuh pada Letnan Jenderal Dudung Andurahman.

Perkiraan itu disampaikan politisi PDIP Effendy Simbolon dalam keterangan singkatnya seperti yang dilansir Tempo, Jumat (5/9/2021).

“Insya Allah. Semua akan terjadi dalam waktu dekat. Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI,” kata Effendi.

Masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan habis pada November 2021 ini. Namun sumber lain mengatakan, masih ada nama lain selain Jenderal Andika.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono juga digadang-gadang jadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Hadi Tjahjanto.

Melihat siklus jabatan dari sisi matra TNI, maka seharusnya Panglima TNI berasal dari Angkatan Laut, dimana jika merujuk figur, maka Yudo Margono selaku Kepala Staf Angkatan Laut menjadi Panglima TNI berikutnya.

Jika Jenderal Andika naik sebagai Panglima TNI, maka menurut Effendi Simbolon, Letnan Jenderal Dudung Abdurrahman saat ini masih menjabat sebagai Pangkostrad akan mengisi jabatan Jenderal Andika sebagai KASAD.

BACA JUGA :  Mahasiswa Asal Sultra: Terima Kasih Anies Baswedan

Anggota Komisi Pertahanan yang juga dari Fraksi PDIP, TB Hasanuddin, mengatakan Surat Presiden terkait calon Panglima TNI sudah masuk ke DPR. Namun siapa yang bakal dipilih TB Hasanuddin mengatakan belum dengar.

“Belum dengar saya,” kata TB Hasanuddin dalam pesan singkatnya. (lms)

Komentar