oleh

Curigai Kemensos Rekayasa Kasus Gelandangan di DKI, Netizen Minta Buka CCTV

TILIK.id, Jakarta — Mentero Sosial Tri Rismanarini hari Seni kemarin blusukan ke Jalan Sudirman-Thamrin. Walikota Surabaya itu menemukan ada gelandangan dan tuna wisma di kawasan itu. Netizen pun curiga ada rekayasa, karena selama beberapa tahun netizen tak pernah menemukan ada gelandangam di Thamrin-Sudirman.

“Sejak Bu Risma jadi Mensos, kok aku malah baru tahu ada guna wisma di jalan Sudirman Thamrin. Mainku kurang jauh, pulangku kurang malam kali ya… Duh!” kata @Bebxxx, Selasa (5/1/2021).

Tak hanya satu nitezen yang merasa aneh tiba-tiba ada gelandangan saat Ibu Risma blusukan di kawasan rapi dan bersih itu. Seperti dikemukakan akun @MahaXxx.

“Maaf nih sebelumnya, sepanjang jalan Sudirman – Thamrin selama ini saya belum pernah lihat tuna wisma. Kalo tukang kopi sepeda mah sering lihat, apalagi di bundaran HI. Agak aneh menurut saya jika tiba-tiba ada tunawisma di sana. Atau barangkali teman-teman ada yang pernah lihat kasih tahu saya,” tulisnya.

Para netizen tidak percaya kalau benar ada gelandangan tuna wisma di sepanjang Thamrin-Sudirman. Bahkan mereka menantang untuk membuka CCTV Pemprov DKI yang ada di kawasan itu.

“Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin kan hampir semuanya bisa dipantau lewat CCTV. Coba dicek aja itu tunawisma datangnya darimana, dan bandingkan aja hari-hari sebelumnya ada gak mereka di sana,” kata @AlasBxxx.

“Wan @aniesbaswedan CCTV Jalan Sudirman dong. Gw mulai curiga nih,” kata juru bicara Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Enggal Pramesti di akun twitternya.

Pada Senin (4/1/2021), Risma blusukan ke Jalan Sudirman-Thamrin dan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Dia menyusuri pedestrian Jalan Thamrin, dan menemukan tiga orang gelandangan, dan langsung mengajaknya tinggal di tempat penampungan.

“Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan ke mana-mana,” kata Risma. (lms)

Komentar