oleh

Survei Pilkada Tangsel, Azizah-Ruhama Unggul Tipis

TILIK.id, Jakarta — PIlkada Tangerang Selatan (Tangsel) bakal ketat. Itu diindikasikan oleh tipisnya gap hasil survei Lembaga Kajian Politik Parameter Demokrasi. Buktinya, paslon Azizah-Ruhama hanya unggul tipis dari dua pasangan calon lainnya.

Ketatnya persaingan untuk Walilota Tangsel memang sudah siprediksi bakal alot. Tidak adanya cslon incumbent walikota membuat kontestasi ibarat pertarungan bebas.

Kedua, tampilnya anak Wapres Ma’ruf Amin, yskni Dr Hj Siti Azizah seperti bakal menjadi srikandi baru setelah Airim Rachmy Diany tidak bisa maju lagi karena aturan pembatasan dua prriode.

Kandidat perempuan lain, Yakni Saraswati tempak belum teruji dibanding Siti Azizah. Apalagi partainya, Gerindra, tengah menghadapi sorotan setelah salah seorang kadernya tertangkap tangan oleh KPK.

Namun begitu, Saraswati yang hanya menjadi calon Wakil Walikota dari Muhammad harus bisa menopang tingkat keterpilihannya. Sayanya dalam survei, kalah dari paslon nomor 2 Azizah-Ruhama.

Dalam survei Parameter Demokrasi Indonesia, Azizah-Ruhama mendapatkan pilihan 27,8 persen dari responden, disusul pasangan Benyamin-Pilar yang mendapat 26,4 persen dan pasangan Muhamad-Saraswati sebesar 25,8 persen.

“Dua puluh persen responden masih merahasiakan pilihannya. Dan hasil temuan di lapangan pasangan Azizah-Ruhama berhasil menjadi kuda hitam dan naik ke peringkat pertama,” kata Mahardika, peneliti Parameter Demokrasi Indonesia dalam siaran yang dikutip TILIK.id, Ahad (29/11/2020).

Survei yang dilakukan Parameter Demokrasi Indonesia dilakukan pada 17 -24 November dengan mengambil 800 responden melalui multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error 3,4 persen.

Mahardika menjelaskan, hasil survei di lapangan diketahui peningkatan suara pasangan Azizah-Ruhama terjadi, karena tingginya aktivitas kampanye berupa sosialisasi program, pembagian souvenir dan kunjungan calon ke tengah-tengah masyarakat.

Selain itu peningkatan suara pemilih terjadi dikarenakan ada isu negatif yang berkembang di dua pasangan calon lainnya sehingga membuat pemilih menjatuhkan pilihan lain kepada pasangan Azizah-Ruhama.

“Dengan gapnantar pasangan yang kurang dari 5 persen dan pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 20 persen, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Dan semua paslon masih berpeluang untuk menang,” lanjut Mahardika.

Berikut progres lektablitas paslon Pilkada Tangerang Selatan:

1. Muhamad – Saraswati:
Sept 20,9%
Okt 23,5 %
Nov 25,8 %

2. Azizah – Ruhama:
Sept 15,5%
Okt 22,9%
Nov 27,8%

3. Benyamin – Pilar:
Sept 26,7%
Okt 28%
Nov 26,4%

Komentar