oleh

Anggota DPR: Jangan Biarkan DEN Kosong

TILIK.id, Jakarta — Dewan Energi Nasional (DEN) belum memiliki keanggotaan. Padahal calon anggota dari lembaga yang dibawahi oleh Jokowi ini sudah melakukan fit n proper test terhadap 16 calon anggotanya.

Karena itu, Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengingatkan bahwa posisi anggota DEN) perlu segera diisi terutama dalam rangka meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan.

“Jangan terlalu lama membiarkan DEN tanpa anggota karena akan berpengaruh terhadap kinerja lembaga yang dipimpin langsung oleh Presiden ini,” kata Mulyanto dalam rilisnya, Kamis (12/11/2020).

Dikatakan, Komisi VII DPR pada 10-12 November melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada 16 calon anggota DEN yang diusulkan Pemerintah. Dari jumlah itu, akan dipilih delapan nama yang mewakili pemangku kepentingan seperti dari kalangan industri, akademisi, konsumen, teknologi dan lingkungan hidup.

Menurut Mulyanto, produk kebijakan DEN ini sangat penting, misalnya terkait dengan persoalan peningkatan kontribusi energi baru-terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional yang masih jauh di bawah target.

DEN juga perlu menyiapkan konsepsi cadangan penyangga strategis energi nasional yang perlu dikembangkan dan diimplementasikan.

“Kedua masalah strategis ini akan jalan di tempat kalau tidak dipikirkan dengan cermat oleh DEN sebagai lembaga kebijakan energi,” papar Mulyanto. (bms)

Komentar