oleh

Tingkat Kesembuhan Tertinggi Masuk 5 Besar, Satgas Covid-19 Apresiasi DKI

TILIK.id, Jakarta — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang tingkat kesembuhan pasien Covid-19 masuk dalam lIma besar tertinggi. Apresiasi itu disampaikan juru bucara Satgas Wiku Adisasmito, dalam siaran pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (10/11/2020).

Persentase kesembuhan tertinggi di tingkat nasional diraih Provinsi Gorontalo (94,32%), disusul Bali (91,66%), Kalimantan Selatan (90,89%), DKI Jakarta (90,79%), dan Sulawesi Selatan (90,07%).

“Untuk pertama kalinya DKI Jakarta masuk ke dalam 5 besar provinsi dengan persen kesembuhan tertinggi. Kami mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatannya,” tutur Wiku.

Meski demikian Satgas Coviid-19 prihatin bahwa secara nasional tingkat kesembuhan Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan selama tiga minggu belakangan ini. Wiku menyebut kondisi ini memprihatinkan.

“Sudah tiga minggu berturut-turut kasus sembuh kita mengalami penurunan, dan di minggu inilah terjadi perlambatan yang paling besar. Ini adalah kondisi yang memprihatinkan,” katanya.

Dikatakan, tingkat kesembuhan Covid-19 saat ini mengalami perlambatan 6,7 persen dibanding pekan sebelumnya. Seharusnya, tingkat kesembuhan tidak mengalami perlambatan, melainkan percepatan.

“Seharusnya jumlah kesembuhan harus terus kita jaga agar terus bertambah,” kata Wiku. (mbg)

Komentar