oleh

Rapsel Ali Pimpin Tim MotoGP Indonesia 2021

TILIK.id, Jakarta — Pembalap-pembalap Indonesia akan beraksi di balapan Moto2 dan Moto3 tahun depan. Itu setelah rider Indonesia dipastikan turun di seluruh seri pada gelaran musim balap tahun depan tersebut.

Dengan ambil bagiannya pembalap-pembalap Indonesia diharapkan memuaskan serta membanggakan publik tanah air.

Tampilnya rider-rider Indonesia tahun depan terungkap dalam laporan Indonesia Racing Team ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali di Kantor Kemenpora, Jumat (9/10/2020).

Selain memaparkan program pembentukan tim, juga diputuskan kerangka tim Merah Putih yang akan turun di ajang bergengsi tersebut.

“Tim akan dipimpin Rapsel Ali dengan pembalap-pembalap Indonesia terbaik yang berpotensi membuat kejutan di ajang Moto2 dan Moto3. Kita tidak ingin hanya sukses sebagai tuan rumah di seri Mandalika. Tapi ambil bagian di seluruh seri sebagai bukti keseriusan membangun tim balap kelas dunia,” jelas Zainuddin.

Ketua Indonesia Racing Team Muhammad Rapsel Ali menegaskan, saat ini, mereka hanya berharap dukungan dari semua pihak agar pembalap Indonesia bisa maksimal dalam ajang bergengsi ini. Dengan support semua pihak, ia yakin rider tanah air bisa menunjukkan prestasinya.

“Pembalap Indonesia akan turun di seluruh seri Moto2 dan Moto3 pada musim 2021. Makanya, pabrikan wajib mendukung sepenuhnya. Apalagi pasar otomotif nasional memang sangat besar,” kata anggota DPR RI tersebut.

Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009 itu mengatakan, kesempatan tampil dalam balapan tahun depan harus bisa dimanfaatkan.

Dia berharap musim balap 2021 bisa menjadi momentum untuk lahirnya pembalap-pembalap hebat dari Indonesia.

Menurut politisi Partai NasDem tersebut, kehadiran Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga menjadi angin segar bagi rider Indonesia. Sebab, tanpa sirkuit yang bagus, pembalap Indonesia kesulitan meningkatkan porsi latihan.

“Jadi ini benar-benar kesempatan emas karena kita sudah memiliki sirkuit bertaraf internasional dan tahun depan sudah digunakan untuk balapan MotoGP,” ujar menantu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tersebut.

Sirkuit Mandalika dibangun sejak 2016 dan dipastikan siap dipakai sebelum ujicoba pada Maret mendatang. Kepastian Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 itu pun sudah dapat dilihat di laman resmi ajang balapan tersebut. (lms)

Komentar