oleh

Tim MotoGP Indonesia Launching 28 Oktober, Dipimpin Menantu Wapres, Rapsel Ali

TILIK.id, Jakarta — Indonesia dipastikan akan ambil bagian pada balap motor bergengsi dunia di Sirkuit Mandalila. Kepasrian itu disampaikan setelah Tim MotoGP dibentuk dengan Muh Rapsel Ali sebagai tim leadernya.

Tim ini dibentuk 23 Oktober lalu dan diluncurkan 28 Oktober 2020 pada peringatan Hari Sumpah Pemuda mendatang.

Sebenarnya Tim MotoGP Indonesia tak sekadar tim. Rapsel Ali yang juga menantu Wapres Ma’ruf Amin, itu bahkan akan memimpin Tim Moto Racing Indonesia untuk seri balapan motor kelas dunia tersebut.

Tim MotoGP ini diperkenalkan dengan nama Mandalika Racing Team Indonesia. Mandalika Racing Team Indonesia akan turun di kelas Moto2 mulai tahun depan saat Indonesia juga menjadi tuan rumah Grand Prix Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

“Sejauh ini sementara kami melakukan penguatan-penguatan internal dulu karena banyak pihak yang harus kami komunikasi antara lain, pebalap dan technical support dari luar, serta terkait sponsor,” kata ketua tim MotoGP Indonesia Muhammad Rapsel Ali, Jumat.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan sejumlah sponsor seperti Pertamina, Garuda Indonesia dan Telkom telah menyatakan kesiapannya mendukung tim Merah Putih itu.

Mandalika Racing Team sendiri bakal diperkuat pebalap nasional Dimas Ekyy Pratama yang sempat membalap di ajang Moto2 tahun lalu dan kemungkinan akan dipasangkan dengan pebalap profesional dari luar negeri.

Mereka akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765cc, yang dipakai oleh seluruh tim Moto2.

Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim boleh memakai sasis yang berbeda seperti Kalex, MV Agussta, NTS dan Speed Up.

“Insyaallah dengan ikhtiyar bersama kita melakukan yang terbaik untuk negeri ini,” kata Rapsel Ali yang juga anggota Komisi VI DPR-RI itu.

Rapsel Ali mengungkapkan pemilihan 28 Oktober sebagai tanggal peluncuran tim bertepatan dengan momentum hari Sumpah Pemuda.

“Ini hari bersejarahnya pemuda-pemudi Indonesia, sekaligus memanfaatkan momentum untuk bangkitkan semangat berprestasi,” kata dia.

Musim MotoGP 2020 menyisakan empat seri lagi dan akan ditutup di Portugal pada 22 November nanti, atau sebelum tes pramusim di transisi tahun mengawali musim kompetisi baru. (lns)

Komentar