oleh

Lewis Hamilton Dekati Rekor Michael Schumacher

TILIK.id, Jakarta — Pembalap Formula 1 yang kini menunggangi mobil balap Mercedes Lewis Hamilton makin impresif memburu rekor. Dengan juara 1 do GP Belgia, Ahad WIB kemarin, Lewis terus mendekati rekor legenda Ferrari Michael Schumacher.

Hamilton selangkah lagi menyamai rekor kemenangan sepanjang masa Schummi. Lewis hanya terpaut dua tropy Grand Prix F1 dari Schumacher atau 89 kali juara.

Namun pembalap knggris Raya itu masih memiliki sepuluh balapan tersisa hingga akhir musim untuk mencetak sejarah baru.

Juara dunia enam kali itu tampil dominan di seri ketujuh F1 musim ini, start dari pole position dan memimpin sepanjang lomba berjarak 44 putaran tersebut hingga finis 8,448 detik dari rekan satu timnya di Mercedes, Valtteri Bottas.

Max Verstappen gagal memberi perlawanan berarti kepada duet tim Silver Arrow itu, sehingga harus puas melengkapi podium setelah finis ketiga untuk Red Bull 15,455 detik berselang.

Dengan hasil itu Verstappen masih bertahan di peringkat dua dan kini berjarak 47 poin dari Hamilton yang semakin kokoh di puncak klasemen. Valtteri Bottas memperpendek jaraknya dari pebalap Belanda itu menjadi tiga poin.

Pada GP Belgia, sepuluh pebalap yang start menyintas lap pertama yang bebas drama. Namun, baru berjalan 11 putaran, Safety Car keluar menyusul insiden antara mobil Williams George Russell dan Alfa Romeo milik Antonio Giovinazzi.

Tayangan ulang menunjukkan Giovinazzi kehilangan kendali mobilnya, Russell berusaha menghindari mobil Alfa Romeo tersebut ke sisi luar trek, namun terkena ban yang terlempar ke arah mobilnya hingga menabrak pagar pembatas.

Daniel Ricciardo membuktikan Renault mampu bertarung sebagai tiga tim teratas hari itu lewat penampilan impresifnya finis di P4. Rekan satu timnya, Esteban Ocon menambah selebrasi bagi tim asal Prancis itu dengan mencuri finis P5 lewat manuver apiknya menyalip Alexander Albon di lap terakhir.

Sementara itu di sepanjang akhir pekan ini Ferrari dihantui performa mobil yang menyedihkan dan gagal mempertahankan dominasi mereka di Spa dalam dua tahun terakhir.

Juara GP Belgia tahun lalu Charles Leclerc hanya mampu finis P14 di depan mobil Haas Romain Grosjean, sedangkan Sebastian Vettel, juara di Spa 2018, finis lebih baik dari rekan satu timnya itu di P13, di belakang mobil Alpha Tauri Daniil Kvyat dan Alfa Romeo milik Kimi Raikkonen. (lma)

Komentar