oleh

Bersama Pondok Pesantren, Pertamina Siapkan Bantuan Pangan

TILIK.id, Tuban — Sebagai wujud dukungan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi dan lingkungan sarana fasilitas distribusi, Pertamina terus berbagi energi tulus tak berhenti dalam bentuk yang beragam. Salah satunya dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memberikan dan menyalurkan bantuan selama masa pandemi wabah Covid-19 dan jelang hari raya Idul Fitri.

Pemberian bantuan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Remen dan Desa Tasikharjo, Kec. Jenu, Kab. Tuban kemarin (Jumat, 15/5), memiliki satu hal yang sedikit berbeda dari biasanya.

Kali pertama Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus berkerjasama dengan lembaga pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) dalam mempersiapkan bantuan pangan pokok untuk masyarakat.

Ponpes Ash-Shomadiyah yang terletak di Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur inilah yang mempersiapkan bantuan bagi masyarakat di Desa Remen dan Desa Tasikharjo. Sebanyak total 4 (empat) Ton beras disiapkan dan dikemas di Ponpes tersebut untuk kemudian disalurkan melalui Program Pertamina Peduli Covid-19.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji menyampaikan bahwa Pertamina bersama dengan Ponpes Ash-Shomadiyah, berupaya untuk saling menyebar manfaat bagi seluruh pihak. “Selain berbagi bantuan kepada masyarakat, Pertamina juga berupaya meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan ekonomi berbasis Ponpes. Bentuk pemberdayaan ini sangat potensial untuk dikembangkan, khususnya di Kab. Tuban yang terdapat banyak Ponpes,”.

Rustam menambahkan, Dengan skema yang dilakukan Pertamina, ada bentuk roda ekonomi yang berputar di lingkungan Ponpes, tidak hanya mensejahterakan Ponpes secara lembaga, namun juga menanam bibit wirausaha kepada para santri yang sedang menjalani pendidikan di Ponpes.

Menurut Kepala Desa Remen, Rusdianto, peran lebih yang dilakukan Pertamina bagi masyarakat disekitarnya ini sangat bermanfaat.

“Di masa-masa pandemi wabah Covid-19, kemudian menjelang hari raya Idul Fitri, bantuan pangan pokok ini tentunya sangat membantu meringankan beban bagi masyarakat yang membutuhkan di desa kami,” ujarnya.

Selain Kepala Desa Remen, turut hadir menerima bantuan Kepala Desa Tasikharjo, Damuri yang disaksikan oleh Babinsa dan Babinkambtimas kedua desa tersebut. Bantuan diserahkan langsung oleh Manager FT Tuban, M. Suherman di Gedung Serbaguna FT Tuban.

“Semoga bantuan pangan pokok ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat desa-desa tetangga kami, bahwa Pertamina hadir di tengah masyarakat, bersama melalui masa-masa pandemi dan menyambut hari raya Idul Fitri, sebagai bentuk bakti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Indonesia,” tutup Suherman. (bms)

Komentar