Beda dengan IKN, Anies akan Bangun 40 Kota Setara Jakarta

TILIK.ID — Calon presiden nomor 1 Anies Baswedan punya gagasan apik. Yaitu akan membangun 40 kota setara Jakarta. Namun konsepnya bukan membangun kota dari lahan kosong.

Hal itu akan dilakukan sebagai janji jika mantan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini terpilih sebagai Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Anies mengatakan pembangunan 40 kota selevel Jakarta itu berbeda dengan konsep pembangunan kota baru seperti IKN. Konsepnya adalah kota lama ditingkatkan, bukan membangun kota baru.

“Bukan dari lahan baru menjadi kota baru, tapi kota-kota yang ada ditingkatkan,” jelas Anies saat menghadiri acara diskusi bersama mahasiswa di GOR Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Ahad (24/12/2023).

Sampai saat ini, kata Anies, Jakarta masih menjadi kota yang mempunyai besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) paling tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

“Lalu kota lain kecil-kecil. Apalagi semakin timur dari Jawa itu semakin kecil,” ujar dia.

Untuk itu, jika dia terpilih menjadi presiden akan membuat strategi untuk meningkatkan kota-kota lain agar mempunyai kemampuan ekonomi lebih tinggi.

BACA JUGA :  Go Anies Bersiap Menyambut Kedatangan Anies di Kota Palu

“Dan di situ dibangun fasilitasnya apa, transportasi umum yang baik kemudian infrastruktur usaha yang baik agar kota-kota ini naik kelas,” imbuhnya.

Dia mencontohkan, di Sulawesi sudah mempunyai PDRB yang cukup besar. Untuk itu, daerah lain di sekitarnya seperti Parepare perlu ditingkatkan.

“Itulah yang kita ingin buat bukan dari lahan baru, bukan dari nol,” paparnya.

Melalui konsep tersebut, dia yakin pemerataan akan segera terealisasi.

“Dengan membangun itu insyaallah pemerataan akan terjadi,” ucap Anies. | • lis

Komentar