Masyarakat Marindukan Burhanuddin, pada Merapat Setelah Tau Kunker di Bombana

TILIK.ID — Pemandangan menarik tersaji dalam kunjungan kerja Ir H Burhanuddin MSi di Bombana. Meski bukan lagi Pj Bupati, namun masyarakat Bombana mendatanginya di mana pun dia di Bombana.

Itu terlihat saat Burhanuddin diketahui masyarakat sedang berada di Bombana dalam rangka kunjungan kerja sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara.

Saat makan malam di rumah seorang kerabatnya di Lameroro Jumat malam (15/12/2023) misalnya, ada 40-an warga dan tokoh masyarakat mendatanginya. Terlihat Burhanuddin dirindukan warga.

Begitu juga saat di Hotel Grand Lampusui, warga datang untuk bertemu mantan bupatinya itu. Mereka seperti ingin melepas kangen, padahal Burhanuddin baru dua pekan lebih meninggalkan Bombana setelah diganti di tengah jalan.

Masyarakat dan tokoh yang datang menemui Burhanuddin adalah mereka yang tau dan merasakan benar kinerja mantan Plt Bupati Konawe Kepulauan dan Plt Sekda Buton Utara itu.

Burhanuddin melepas jabatan Pj Bupati pada 27 November 2023. Dia mulai menjabat pada 24 Agustus 2022 dan kemudian diperpanjang lagi pada 24 Agustus 2023. Namun Burhanuddin diganti sebelum masa jabatan keduanya berakhir pada 24 Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA :  Pengapalan Perdana dari Kilang Cilacap untuk Dukung Alih Suplai Kilang Balongan

Pergantian Burhanuddin terasa mengagetkan masyarakat Bombana. Padahal kinerjanya sangat kinclong. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan dan energi listrik.

Misalnya Pulau Kabaena yang seumur-umur belum mendapatkan listrik sepanjang hari. Namun di tangan Burhanuddin listrk di pulau dengan lima kecamatan itu bisa menyala 24 jam.

Di Pulau itu juga, pengaspalan jalan dilakukan dengan anggaran mencapai 70 miliar dari dana pusat. Jalan-jalan di Kasipute sudah makin baik, ditambah lampu jalan yang selama ini tidak ada.

Transportasi umum juga sudah diadakan oleh Burhanuddin. Sehingga masyarakat dan anak-anak sekolah di Rumbia sudah terpenuhi sarana transportasinya.

“Kami sangat merasakan bagaimana kinerja beliau (Burhanuddin) di Bombana ini. Hanya dalam 15 bulan tapi hasilnya sama dengan bekerja sudah lima tahun,” kata A Hardi, salah seorang tokoh Poleang di Rumbia, Sabtu (16/12/2023).

Hardi sempat menyingggung pergantian Burhanuddin di Bombana. Menurut dia, faktor politik seperti mengalahkan faktor kinerja. Kinerja yang bagus namun karena politik banyak yang mengabaikan fakta.

“Burhanuddin lurus dalam bekerja. Tidak macam-macam. Hanya mau berbuat banyak untuk masyarakat. Pengalamannya di pemerintahan mengalahkan pengalaman seseorang yang sudah belasan tahun di politik,” kata A Hardi. | • lis

BACA JUGA :  Pj Bupati Bombana Disambut Hangat di Daerah

Komentar