Adik Kandung Gus Dur Lily Wahid Tutup Usia di RSCM

TILIK.ID — Berita duka datang dari keluarga Gus Dur. Adik kandung Abdurrahman Wahid, Lily Chodijah Wahid tutup usia di RSCM Jakarta, Senin (9/5/2022) sekira pukul 16:25 WIB.

Kabar duka disampaikan keponakan Lily, Firry Wahid. Firry memohon agar segala kesalahan almarhumah dimaafkan. Pihak keluarga memohon doa untuk Lily Wahid.

“Besok berangkat dari rumah duka besok Selasa, 10 Mei 2022 pukul 05.00,” ujar Firry.

Menurut Firry, jenazah akan disemayamkan di West Covina, Kota Wisata Cibubur, Bogor, dan selanjutnya dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

“Mohon dimaafkan kesalahan beliau semasa hidupnya. Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fuanha,” kata Firry.

Sebelum tutup usia, kondisi Lily Wahid sempat dikabarkan stabil. Lily sempat menghubungi kakaknya, Gus Umar Wahid, via sambungan telepon.

“Kondisi saat ini alhamdulillah stabil, tadi pagi sempat ngobrol lama via telpon dengan kakaknya, Gus Umar Wahid. Dirawat di RSCM atas rujukan dari dokter yang merawat beliau untuk mendapatkan perawatan yang lebih komprehensif,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jokowi: Bangsa Ini Masih Banyak Kekurangan, Kritik Insan Pers Sangat Penting

Pada sore tadi, Firry kemudian menyampaikan kabar terkait kondisi Lily Wahid yang kritis. Lily Wahid meninggal dunia pada pukul 16.25 WIB.

Lily Wahid dikenal sebagai aktivis NU dan politikus. Lily Wahid lahir pada 4 Maret 1948, anak kelima dari pasangan suami istri KH Wahid Hasyim-Ibu Nyai Solichah Wahid Hasyim.

Sejak muda, Lily dikenal sebagai pribadi gemar membaca dan menyukai seni. Pendidikan Lily Chodijah Wahid sama seperti sekolah kakak-kakaknya, yaitu di SD Perwari.

Ketika duduk di bangku SMA, Lily telah aktif di IPPNU dan KAPPI. Ia bahkan menjabat ketua 1. Ia juga yang memindahkan IPPNU dari Yogyakarta ke Jakarta.

Setelah tamat SMA, Lily diterima di Fakultas Kedokteran UI. Namun hanya bertahan sampai tingkat III. Keinginnanya menjadi dokter tidak terpenuhi karena menikah dengan Najamuddin Rosyidi pada 1970, yang masih terhitung pamannya.

Lily kemudian terjun ke dunia politik dengan masuk ke PKB. Ia sempat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Ia saat itu duduk di Komisi I.

BACA JUGA :  Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiuun, Rachmawati Soekarnoputri Tutup Usia

Namun, akibat konflik dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Lily dipecat dari PKB. Saat itu, Lily dan anggota DPR Fraksi PKB lainnya, Effendi Choirie alias Gus Choy, menggugat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di PN Jakpus. Tuntutannya, meminta majelis hakim mencabut surat pemberhentian mereka dari keanggotaan PKB. Namun, kasasinya ditolak. (les)

Komentar