La Ode Basir: Relawan AMIN Akan Ramai-Ramai ke MK Dukung Gugatan PHPU

TILIK.ID — Gugatan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) mulai bergulir hari ini, Rabu (27/3/2024). Relawan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan hadir memberi support ke Tim Hukum Nasional AMIN.

Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (PHPU Presiden) diajukan Timnas AMIN melalui Tim Hukum Nasional dan Tim Hukum Paslon 03 Ganjar-Mahfud.

“Kita saling memberi support, (saling) memberi otot terhadap perjuangan ini. Para pengacara dan Tim Hukum Amin mengawal di dalam, kita support. DPR (juga mengajukan) hak angket, kita support,” jelas Ketua Umum DPP Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir, dikutip Rabu, (27/3/2024).

La Ode menuturkan dukungan relawan akan diwujudkan dengan mendatangi MK l yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. “Tetapi teman-teman kan tidak punya jalur formal. Jalur yang ada, jalanan. Silahkan juga. Karena kita ketahui parlemen jalanan adalah bagian dari sebuah proses demokratisasi yang juga diakui,” terang La Ode.

“Saya melihat perkembangan yang ada (di kalangan relawan), itu kan bagian dari panggilan nurani demi tumbuhnya demokrasi Indonesia yang lebih baik,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Deklarasi Anies Terus Menyebar di Seluruh Indonesia

Menurut Juru Bicara Timnas Amin ini, ada dua alasan kenapa gugatan sengketa Pilpres 2024 harus didukung. Pertama, agar presiden dan wakil presiden terpilih memiliki legitimasi yang kuat karena lahir dari pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Dan kedua, agar presiden terpilih tidak memiliki beban masa lalu yang buruk akibat adanya dugaan pelanggaran dan kecurangan dalam kontestasi Pilpres 2024,” ucap La Ode.

Para relawan pun meyakini kalau gugatan yang diajukan Tim Hukum Timnas Amin dapat dikabulkan oleh MK. Sehingga pilpres dapat diulang dan digelar secara demokratis, jujur, dan adil.

“Orang bergerak kan dasarnya optimisme. Jadi optimisme itu yang dikedepankan,” ujar La Ode.

Sebelumnya Ketua Tim Hukum Timnas Amin, Ari Yusuf Amir memastikan sidang perdana gugatan hasil pilpres 2024 akan dimulai Rabu ini. Anies-Muhaimin dijadwalkan hadir di hari pertama sidang.

“Jadwal sidang sudah keluar tanggal 27 Maret. Pak Anies dan Pak Muhaimin dijadwalkan hadir paling tidak di sidang pertama,” kata Ketua Tim Hukum Timnas Anies-Muhaimin (Amin),” jelas Ari. |••

BACA JUGA :  MK: Mahkamah Kompromi?

Komentar