Pj Bupati Bombana Siap Bantu Peternak Rumbia Tengah

TILIK.ID — Setelah sebelumnya Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi membantu petugas kebershan dan pertamanan kota, hari ini giliran komunitas peternak dibantunya.

Dalam pertemuannya dengan sekitar 50-an peternak Rumbia Tengah di acara Rakor Komunitas Peternak, Burhanuddin menerima banyak keluhan, sehingga mantan Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Alam Sultra itu siap membantu para peternak.

Salah satu keluhan peternak adalah penangkapan ternak dan peracunan oleh orang tak dikenal pada ternak-ternak mereka. Namun, Bupati mengatakan masalah itu terjadi karena ternak tidak dikandangkan. Dibiarkan ada di jalan, di kebun dan di tanaman milik orang.

“Saya sudah menganggap bahwa peternak itu adalah pengusaha ternak. Sebagai pengusaha tentu tahu dan bisa menguasai ternaknya. Kalau tidak dikuasai, ternak bisa mengganggu orang lain,” kata Burhanuddin menjawab pertanyaan seorang pengusah ternak.

Meski demikian Burhanuddin ingin bersepakat dengan pengusaha tenak ini. Pemerintah akan masuk memberi solusi. Jika masalahnya adalah ternak dibiarkan liar, maka harus ada kandang. Pemerintah bisa bantu seperti apa bantuan yang akan diberikan.

BACA JUGA :  Pesan Pj Bupati Bombana Usai Puncak Peringatan Harganas ke-30

“Kita sepakat dulu, pengusaha harus menguasai ternaknya agar tidak mengganggu orang lain, tidak mengganggu di jalan-jalan umum. Jika harus ada kandangnya pemerintah bisa hadir untuk membantu,” katanya.

Saat ternak memasuki kebun atau halaman orang lain, peternak ini meminta agar kebun-kebun atau halaman rumah warga diberi kawat duri. Soal ini, Burhanuddin kembali meminta kesepakatan dulu semua menjaga ternaknya agar tidak mengganggu orang lain.

“Tidak perlu kita masalahkan UU. Karena UU atau aturan dibuat untuk kebaikan masyarakat, dan pasti pemerintah akan menjalankan aturan itu,” kata Burhanuddin menanggapi seorang peternak yang mengutip aturan tentang penangkapan hewan ternak.

Namun pada Rakor Peternak Kecamatan Rumbia Tengah itu, Pj Bupati
Bombana Ir Burhanuddin berjanji membantu permasalahan pengusaha ternak tersebut.

Rakor dihadiri juga Sekda Bombana Man Arfa, Asiaten III M Ridwan, Camat Rumbia Tengah Dr Andi Muslimin, Forkopimda, ketua-ketua kelompok pernak Rumbia Tengah, pendamping peternak, Herdin, dan lainnya.

Usai menghadiri rakor, Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin melanjutkan agenda berikutnya, yaitu peresmian Pasar Lora dan silaturahmi dengan warga Desa Laloa Pamotoro Kecamatan Mataoleo.

BACA JUGA :  Mahasiswa Asal Sultra: Terima Kasih Anies Baswedan

Juga meninjau sumur bor bantuan pemerintah mengantisipasi kekeringan di Desa Hambawa, juga di Kecamatan Mataoleo.(tis)

Komentar