Aksi Perekat Desak Jokowi Copot Pj Gubernur Heru Budi Hartono

TILIK.ID — Pergerakan Elemen Rakyat atau Perekat menggelar aksi demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta. Mereka meminta Presiden Joko Widodo mencopot Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Menurut aksi massa Jokowi harus memilih figur pemimpin yang memiliki integritas yang kuat dan memiliki rekam jejak yang bersih dari praktek-praktek korupsi demi menjaga integritas pemerintah daerah yang memberi manfaat kepada warganya.

“Publik menuntut Heru Budi Hartono turun dari jabatannya sebagai Pj Gubernur dan meminta Presiden Joko Widodo untuk membatalkan keputusan menunjuk Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta,” ujar Koordinator aksi, M Nadiem di lokasi, Kamis (3/10/2022).

Dikatakan, masa jabatan Pj Gubernur DKI Jakarta kurang lebih dua tahun merupakan masa yang cukup panjang dengan melewati dua tahun anggaran. Dengan kewenangan yang luas kepada Pj bisa membuat anggaran tidak aman dari praktek korupsi.

Nadiem bersama dan sejumlah demonstran  berharap, tuntutan tersebut secepatnya ditindaklanjuti karena dikhawatirkan terbentuk opini masyarakat terhadap sosok Heru Budi Hartono sebagai Boneka Jokowi.

BACA JUGA :  Formula E Jakarta Digelar Awal Juni 2023, Teknisnya Diserahkan ke Jakpro

Bahkan Nadiem menuding pengangkatan Heru Budi Hartono dan penjabat kepala daerah lainnya melalui Kepres sudah pernah dipertanyakan oleh Ombudsman RI.

“Ombudsman RI sudah meminta Kemendagri menindaklanjuti beberapa poin temuan maladministrasi terkait proses pengangkatan pejabat (Pj) kepala daerah,” tegasnya. (lms)

Komentar