oleh

Milan 2-0 Lazio, Ibrahimovic dan Leao Bawa Milan ke Posisi Dua Klasemen

TILIK.ID — AC Milan mempertahankan 100 persen laga awal mereka di musim Serie A saat gol dari Rafael Leao dan Zlatan Ibrahimovic kembali memberi mereka kemenangan 2-0 atas Lazio di San Siro pada hari Minggu atau Senin dinihari WIB tadi.

Kemenangan Milan mengangkat posisinya ke urutan kedua klasemen di bawah AS Roma. Anak asuh Jose Mourinho itu menggeser Inter Milan di puncak saat Inter ditahan imbang 2-2 oleh Sampdoria.

Setelah memenangkan dua pertandingan pembuka musim 2020-21 melawan Sampdoria dan Cagliari, kemenangan atas Lazio yang diasuh Maurizio Sarri, Rossoneri telah mengemas tiga kemenangan secara berturut-turut.

Gol kedua Leao musim ini membuat mereka unggul, meskipun tim asuhan Stefano Pioli menyia-nyiakan kesempatan untuk memperbesar keunggulan mereka beberapa saat sebelum turun minum, ketika penalti Franck Kessie membentur mistar gawang.

Ibrahimovic – yang kembali beraksi setelah cedera lutut yang dideritanya pada Mei – membuat rekan setimnya tersipu hanya tujuh menit setelah dimasukkan sebagai pemain pengganti di babak kedua mencetak gol kedua.

Ada drama di peluit akhir pertandingan. Pelatih Lazio Maurizio Sarri dikartu merah oleh wasit Daniele Chiffi setelah Ibrahimovic dan Lucas Leiva adu mulut setelah Ibra mengusap kepala Leiva dengan keras. Sarri berlari masuk lapangan untuk memprotes Ibrahimovic sehingga mendapat kartu merah.

Milan dominan di babak pertama, melepaskan tujuh tembakan pada waktu setengah jam. Namun Pepe Reina hanya melakukan satu penyelamatan pada saat itu.

Davide Calabria menyesal karena menyia-nyiakan peluang awal terbaik mereka, tendangan full-back melebar dari jarak 10 yard setelah mendapat umpan dari Ante Rebic.

Anak asuh Pioli seharusnya menggandakan keunggulan mereka di babak pertama perpanjangan waktu, tetapi tendangan penalti Kessie membentur mistar gawang setelah Chiffi menghukum Ciro Immobile karena melakukan pelanggaran terhadap gelandang Milan menyusul tinjauan di pinggir lapangan.

Milan melanjutkan keunggulan setelah turun minum lewat aksi ciamik Ibrahimovic yang dengan dingin mengkonversi umpan celah Ante Rebic ke gawang yang kosong di menit 67. Rabic untuk pertama kalinya memberikan dua aksis dalam satu pertandingan.

Fakta Dua Tim

Lazio telah mencetak sembilan gol dalam dua pertandingan pembukaan mereka musim ini, namun pasukan Sarri disingkirkan dengan sedikit keributan di San Siro, dengan tuan rumah melepaskan 21 tembakan berbanding delapan tembakan lawan mereka.

Rafael Leao telah mencetak sepertiga dari total gol Milan di Serie A sejak musim lalu. Tampaknya Leao siap untuk melakukan banyak terobosan.

Prospek pemain asal Portugal itu sedikit menyulitkan pertahanan Lazio dan telah melepaskan tiga tembakan ketika ia diganti pada menit ke-60 – jumlah yang tidak bisa ditandingi oleh siapa pun di lapangan pada akhir pertandingan.

Pamain Lazio Immobile mencetak empat gol dalam dua pertandingan pertama Lazio di Serie A musim ini, tetapi dia tidak mampu menerobos pertahanan Milan yang kokoh.

Pemain internasional Italia itu hanya memiliki satu tembakan dan kebobolan penalti sebelum pergantiannya di penghujung waktu.

Sejak awal Mei, Milan mencatatkan clean sheet sebanyak tujuh kali, lebih banyak dari tim mana pun di lima liga top Eropa.

Leao, yang juga mencetak gol terakhir kali melawan Cagliari, tidak mencetak gol dalam dua pertandingan berturut-turut sebagai starter di Serie A sebelum pertandingan ini.

Ibrahimovic mencetak dalam 175 hari setelah gol sebelumnya di Serie A (21 Maret vs Fiorentina).

Milan telah dianugerahi 13 penalti pada tahun 2021, lebih banyak dari tim mana pun di lima liga top Eropa.

Milan melakukan 13 tembakan di babak pertama. Mereka tidak memiliki banyak pertandingan di babak pertama Serie A sejak Desember 2020 melawan Parma.

Lazio hanya memiliki dua tembakan di babak pertama, tetapi anehnya kedua tim menyamakan kedudukan 2-2 dalam hal tembakan tepat sasaran.

Sergej Milinkovic-Savic mencapai 250 pertandingan bersama Lazio di semua kompetisi.

Lawan Berikut

Lawan berikut Milan adalah ketika bertandang ke Liverpool untuk melakoni laga Liga Champions pada hari Rabu. Setelahnya, Rossoneri dijamu Juventus di pekan ke-4 Serie A.

Sementara Lazio akan menghadapi Galatasaray di Turki pada Kamis di Liga Europa sebelum pertandingan kandang Serie A melawan Cagliari tiga hari kemudian. (bes)

Komentar