oleh

Kali Pertama Sejak 2004-2005 Perempat Final Liga Champions Tanpa Messi dan Ronaldo

TILIK.id, Jakarta — Delapan tim sudah berlaga di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Artinya empat tim sudah lolos ke perempat final. Juventus dan Barcelona harus tersingkir bersama dua bintangnya, Lionel Messi den Cristiano Ronaldo.

Inilah kali pertama sejak 2004/2005 perempat final Liga Champions tanpa Messi dan Ronaldo. Messi urung tampil setelah Barcelona digasak oleh Paris Saint Germain (PSG) dengan agregat 5-2 di babak 16 besar.

Sedang Ronaldo harus tersingkir setelah Juventus dihentikan FC Porto berkat gol tandang pada agregat 4-4. Meski Ronaldo dkk menang, namun Porto lah yang berhak lolos babak 8 besar tersebut.

Terakhir kali kedua pemain tersebut absen di delapan besar Liga Champions, Messi dan Barcelona disingkirkan oleh Chelsea di babak 16 besar.

Sementara itu, Ronaldo bersama Manchester United tersingkir di babak 16 besar oleh AC Milan.

Secara keseluruhan, Ronaldo telah memenangkan Liga Champions lima kali, sedangkan Messi mengangkat trofi tersebut empat kesempatan, dengan yang terakhir 2014-15.

Di edisi Liga Champions musim depan, Ronaldo bakal menginjak usia 37 tahun dan Messi di usia 34 tahun. Keduanya diperkirakan akan lebih sulit untuk menjuarai kompetisi tertinggi klub Eropa itu.

Dalam laga di leg kedua di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Kamis dinihari WIB, penalti Kylian Mbappe membawa PSG memimpin sebelum dibalas oleh Lionel Messi.

Barcelona yang tiba dengan beban membalikkan ketertinggalan 1-4 berusaha membongkar barisan pertahanan PSG, tetapi beberapa peluang bagus yang mereka ciptakan melalui Ousmance Dembele dan Sergino Dest berhasil diredam oleh penampilan gemilang kiper Keylor Navas.

Tuan rumah justru unggul lebih dulu pada menit ke-30 melalui eksekusi penalti Mbappe setelah Mauro Icardi dilanggar oleh Clement Lenglet.

Gol itu membuat Mbappe menjadi pemain termuda yang mencapai 25 gol dalam Liga Champions sepanjang masa dalam usia 22 tahun 80 hari. Mbappe menggeser Messi yang sebelumnya menggenggam rekor itu dalam usia 22 tahun dan 286 hari.

Barca berusaha segera membalas tetapi Dembele membuang peluang bagus pada menit ke-35, beruntung dua menit kemudian Messi menghidupkan asa Blaugrana lewat gol indahnya ke pojok kiri atas gawang Keylor Navas.

Atas kemenangan itu, PSG menyusul Borussia Dortmund, Porto dan Liverpool yang juga lolos ke perempat final dan akan mengetahui lawan mereka ketika pengundian dilakukan 19 Maret setelah seluruh rangkaian pertandingan 16 besar rampung.

Leg kedua babak 16 besar lainnya dipertandingkan Manchester City vs Borussia Munchengladbach dan Real Madrid meladeni tamunya Atalanta pada 17 Maret mendatang.

Kemudian sehari sesudahnya, juara bertahan asal Jerman Bayern Munchen menjamu klub Italia Lazio dan tim dari Inggris Chelsea meladeni temunya Atletico Madrid dari Spanyol. (lms)

Komentar