oleh

Leg Pertama Babak 8 Besar Liga Champions, City vs Dortmund 2-1

TILIK.id — Leg pertama babak 8 besar Liga Champions mempertemukan Manchester City lawan Borussia Dortmund dan Real Madrid contra Liverpool. Hasinya, City menang tipis 2-1 dan El Real ungguli The Reds 3-1.

Dari dua laga itu, laga City vs Dortmund cukup menarik. Anak asuh Pep Guardiola unggul lebih dulu melalui Kevin de Bruyne di menit ke-19. Kedukan itu bertahan sampau turun minum.

Di babak kedua, skor terus bertahan sampai menit ke-84 setelah Marco Reus bekerjasama dengan Haaland menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Skor imbang terus bertahan sampai waktu normal habis. Di tengah ketegangan City, Phil Foden mencatak gol penentu kemenangan di menit ke 90. City kega bisa menutup laga dengan kemenangan 2-1 di Emirat Stadion, Inggris Rabu dinihari WIB.

Kemenangan tersebut membuat City hanya butuh hasil imbang dalam leg kedua yang dijadwalkan berlangsung di Signal Iduna Park pada Rabu (14/4) pekan depan.

Sedangkan Dortmund juga masih punya peluang untuk lolos jika menang 1-0 atau lebih pekan depan di markasnya sendiri pekan depan.

Jalannya Laga

Dalam pertandingan leg pertama Rabu dinihari WIB tadi, Dortmund tidak diunggulkan. Capaian si Kuning di kompetisi lokal tidak bagus-bagus amat. Hal berbeda dengan City yang makin kokoh di puncak klasemen Liga domestiknya.

Namun Dortmund sudah menciptakan peluang lebih dulu saat laga baru berusia tujuh menit ketika Jude Bellingham memperdaya sejumlah pemain City. Sayang tembakan penyelesaiannya masih bisa diamankan kiper Ederson Moraes.

Pada menit ke-19, City mampu membuka keunggulan memanfaatkan umpan blunder Emre Can untuk menciptakan serangan balik yang diakhiri dengan umpan tarik Riyad Mahrez diselesaikan sepakan Kevin de Bruyne demi menaklukkan kiper Marwin Hitz.

Lima menit berselang, Dortmund hampir membalas ketika Ansgar Knauff memanfaatkan bola liar di pertahanan City menjadi umpan yang hampir dijangkau Marco Reus, tetapi Ederson keluar dari sarangnya demi melakukan halauan penting.

Pada menit ke-30, wasit Oividiu Hategan menghadiahi tendangan penalti untuk tuan rumah atas dugaan pelanggaran Can terhadap Rodri Hernandez, tetapi keputusan itu belakangan dianulir setelah masukan dari VAR.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan tiga menit memasuki babak kedua Ederson kembali harus melakukan penyelamatan penting untuk mementahkan tembakan Erling Haaland menyambut umpan terobosan Mahmoud Dahoud.

Pada menit ke-65, Foden membuang kesempatan bagus untuk menggandakan keunggulan City jika saja penyelesaiannya menyambut umpan De Bruyne tidak mudah diamankan oleh Hitz.

City terus menekan tetapi dua peluang lain dari De Bruyne dan Foden kembali belum menemui sasaran.

Di tengah tekanan yang dirasakan, Dortmund justru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-84 saat Reus merangsek ke dalam kotak penalti untuk mengkonversi umpan Haaland ke gawang tuan rumah.

Gol itu sekaligus membuat Reus sebagai pemain tersubur Dortmund di Liga Champions dengan raihan 18 gol, melampaui Robert Lewandowski yang mencetak 17 gol semasa berseragam Die Borussen.

Dortmund berusaha untuk menjaga skor imbang yang menguntungkan mereka tersebut, tetapi tepat di pengujung waktu normal Ilkay Gundogan dengan tenang meneruskan umpan silang De Bruyne untuk diselesaikan Foden demi membawa City mengunci kemenangan 2-1. (amb)

Komentar