oleh

Djokovic Tekuk Medvedev untuk Raih Gelar Grand Slam ke-18

TILIK.id, Jakarta — Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic mengamankan gelar grand slam ke-18 dengan kemenangan straight set atas Daniil Medvedev di final Australia Terbuka, Minggu.

Bintang Serbia itu hanya terpaut dua mahkota gelar dari pemegang rekor putra Roger Federer dan Rafael Nadal setelah secara impresif mengalahkan Medvedev 7-5 6-2 6-2 dalam satu jam, 53 menit di Rod Laver Arena.

Djokovic, yang diduga menderita cedera perut di awal turnamen, menunjukkan diri mengapa ia menjadi raja Melbourne, di mana ia meraih gelar Australia Terbuka kesembilan yang memperpanjang rekornya.

Petenis nomor satu dunia itu menampilkan gaya klasik saat kembali tampil di momen-momen penting, yang berbeda dengan Medvedev.

Membawa 20 kemenangan beruntun ke set penentuan, Medvedev —memainkan final grand slam keduanya– membuat kesalahan namun cukup alot melawan lawan yang telah ia kalahkan dalam tiga dari empat pertemuan sebelumnya.

Medvedev yang memulai pertandingan terlihat gugup mematahkan servisnya pada game kedua. Namun dia dengan cepat membalas, memaksa break kembali pada game kelima.

Kedua pemain bertahan dengan relatif nyaman sampai Djokovic melakukan pukulan kunci untuk merebut set pertama, membuat para pendukung Serbia di Rod Laver Arena bangkit berdiri setelah Medvedev melepaskan pukulan forehand.

Kedua petenis itu bertukar break lagi untuk memulai set kedua. Kali ini Djokovic memulihkan diri dari kehilangan servis, dan ia memenangkan empat game beruntun setelah Medvedev tersendat akibat kecerobohan di game keempat.

Djokovic kemudian leading 5-2 yang membuat Medvedev semakin frustrasi. Dia pun menghancurkan raketnya di bagian belakang lapangan sebelum kalah pada set kedua.

Medvedev menyia-nyiakan peluang lain saat Djokovic memanfaatkan hole 15-40 pada game pembukaan set ketiga dengan mematahkan servis. Petenis Rusia itu pun melakukan tendangan voli setelah melakukan double fault.

Di momen penting lainnya, Djokovic bertahan dari posisi 15-30 pada game ketujuh. Penonton memberi aplaus, dan melihat kesuksesan bersejarah Novak Djokovic.

Gelar Australia Terbuka kesembilan Djokovic membuatnya menjadi orang kedua yang memenangkan gelar mayor setidaknya sembilan kali. Dia bersama Nadal memenangi Prancis Terbuka dengan 13 gelar.

Djokovic dan Nadal juga telah memenangkan 10 dari 11 mahkota grand slam terakhir, karena ‘Tiga Besar’, atau ‘Dua Besar’ selalu dipegang keduanya. (lmb)

Komentar