oleh

Seri Lawan Liverpool, MU Masih di Puncak Klasemen

TILIK.id, Jakarta — Liga Inggris pekan ke 18 mempertemukan dua klub elite Premiere League Manchester United vs Liverpool. Sayangnya laga big match itu berakhir imbang tanpa gol. Meski tak berhasil mengalahkan The Red, Setan Merah masih memuncaki klasemen liga.

Dalam laga, Liverpool mendominasi penguasaan bola, namun tidak mampu mencetak gol. Sebalilknya MU justru menciptakan banyak peluang yang lebih baik.

Penjaga gawang Liverpool Alisson Becker mementahkan dengan baik upaya gol dari Bruno Fernandes dan Paul Pogba pada babak kedua.

United tetap unggul tiga poin dari Liverpool yang menempati urutan keempat setelah disalip Manchester City dan Leicester dari urutan yang kini berselisih satu poin di atas The Reds.

The Red Devil memuncaki klasemen Liga Inggris pada Tahun Baru yang untuk pertama kalinya terjadi sejak Alex Ferguson pensiun pada 2013 berkat sembilan kemenangan yang mereka catat dari 12 pertandingan terakhirnya yang tak terkalahkan.

Meninggalkan Anfield dengan membawa satu poin merupakan hasil yang solid bagi United di tengah upaya mereka memburu gelar liga pertamanya dalam kurun delapan tahun.

Liverpool sendiri terus mengalami banyak masalah. Mulai dari paceklik gol sampai banyaknya pemain cedera. Pelatih The Red Juegen Klopp pun mengakui dan tak habis pikir mengapa timnya kesulitan mencetak gol.

Pelatih MU Ole Gunnar Solksjaer menyalami Manajer Liverpool Juergen Klopp usai laga.

Liverpool kini telah melalui empat pertandingan liga tanpa pernah menang dan tanpa mencetak sebuah gol pun dalam tiga pertandingan liga terakhirnya.

Mohamed Salah dkk seperti mengalami penurunan performa dinamisnya yang mereka tampilkan saat merebut gelar liga musim lalu dan saat menjuarai Liga Champions pada 2019.

Sekalipun mengalami penurunan, Liverpool mendominasi babak pertama dengan dengan lebih dari 65 persen penguasaan bola.

Mereka kehilangan ketajaman di sepertiga akhir lapangan di mana tembakan Roberto Firmino melebar dari gawang, sebelum Mohamed Salah melepaskan tendangan voli yang melenceng dari mistar.

Butuh waktu 34 menit bagi United untuk melepaskan percobaan gol dan mereka hampir saja menciptakan gol ketikaka tendangan bebas Bruno Fernandes melebar beberapa inci dari tiang gawang.

Pada babak kedua, Fernandes memaksa Alisson melakukan penyelamatan gemilang ketika usahanya yang meneruskan umpan silang Luke Shaw dimentahkan oleh kaki kiper asal Brasil itu.

Sebaliknya Thiago Alcantara dari Liverpool melepaskan tendangan yang tepat mengarah kepada David De Gea. Kemudian Alisson kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tendangan jarak dekat Paul Pogba.

Skor imbang 0-0 sampai akhir mengokohkan Manchesher United di puncak klasemen. Liverpool yang terus merosot harus kecewa melorot ke urutan ke-4 setelah Manchester City naik ke urutan kedua dan Leicester naik ke posisi ketiga. (lms)

Komentar