oleh

Tutup Tahun 2020, AC Milan Kuasai Tahta Klasemen

TILIK.id, Jakarta — Kemenangan 3-2 atas Lazio, AC Milan kembali ke puncak klasemen Liga Italia. Posisi satu sempat diduduki Inter Milan yang menang 2-1 atas Verona. Namun tambahan tiga point dari si elang biru langit, Milan menutup 2020 sebagai penguasa klasemen.

Kekalahan Juventus saat menjamu Fiorentina dimaksimalkan benar oleh AS Roma, Sassuolo, dan Napoli untuk memanjat klasemen. Roma dan Sassuolo memetik kemenangan pada putaran ke-14, dan Napoli juga berhak naik ke posisi kelima meski hanya bermain imbang dengan Torino.

Perubahan posisi terjadi di zona merah. Torino yang bermain imbang dengan Napoli kini menduduki posisi juru kunci, seiring hasil bagus yang didapat oleh Crotone dan Genoa.

Crotone memetik kemenangan 2-1 atas Parma, sedangkan Genoa juga menang dengan skor yang sama saat dijamu Spezia. Rossoblu meninggalkan dasar klasemen dengan naik ke posisi ke-18 dengan koleksi sepuluh poin, sedangkan Crotone ke posisi ke-19 dengan sembilan poin.

Di laga pekan ke-14 di Stadion San Siro, Kamis dini hari WIB, AC Milan lebih dulu unggul 2-0 berkat gol Ante Rebic dan Hakan Calhanoglu. Namun Lazio mampu menyamakan kedudukan melalui Luis Alberto dan Ciro Immobile.

Hasil laga Rabu dan Kamis dinihari

Pada menit kedua injury time, Theo Hernandez mampu memastikan kemenangan dramatis bagi Milan lewat golnya.

Calhanoglu melepaskan sepakan melambung setelah ia menerima umpan dari Pierre Kalulu. Namun ia memberi assist untuk gol pemecah kebuntuan Milan pada menit kesembilan, setelah melepaskan tendangan sudut untuk disundul Rebic.

Milan menggandakan keunggulannya berkat hadiah penalti pada menit ke-17. Penalti itu diberikan setelah Patric dianggap mengenai bola sepakan Rebic dengan tangannya, meski ia bersikeras bola mengenai wajahnya. Setelah diperiksa lebih teliti, Patric kemudian menjatuhkan Rebic setelah insiden sebelumnya. Eksekutor Milan Calhanoglu sukses mengecoh kiper Pepe Reina untuk mencetak gol tambahan.

Lazio memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-27. Sepakan Joaquin Correa dapat ditahan kiper Gianluigi Donnaruma, kemudian pemain Argentina itu dijatuhkan Kalulu saat situasi tendangan sudut. Setelah dilakukan tinjauan VAR, wasit memilih untuk memberikan hadiah penalti kepada Lazio. Eksekusi Ciro Immobile dapat dipatahkan Donnarumma, namun Luis Alberto bergerak cepat menyambar bola pantul.

Setelah turun minum, Lazio semakin giat mencari gol penyama kedudukan. Mereka lantas berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-59, saat Sergej Milinkovic-Savic mengirimkan umpan lambung, dan Immobile menaklukkan Kalulu untuk melepaskan sepakan voli mendatar menembus gawang Milan.

Hernandez menjadi penyelamat Milan saat ia mengemas gol penentu kemenangan pada menit ke-92. Dari bola tendangan sudut Calhanoglu, Hernandez menyambutnya dengan sundulan berujung gol untuk mengamankan tiga poin bagi Rossoneri. (mls)

Klasemen akhir tahun 2020.

Komentar