oleh

Real Madrid Terancam, Bayern, City, dan Liverpool Lanjut ke Fase Knock Out

TILIK.id, Jakarta — Pemegang 13 tropi Liga Champions Real Madrid terancam gagal lolos ke babak knock out setelah Rabu dinihari tadi kalah 2-0 dari tuan rumah Shaktar Donetsk. Hasil kalah ini melorotkan tim asal Spanyol itu ke posiai tga klasemen grup A Liga Champions.

Di grup lain, Bayer Munchen dan Manchester City memantapkan diri lolos ke fase hidup mati meski hanya bermain dengan lawan-lawannya. Hal sama juga dimantapkan Liverpool setelah menang tipis 1-0 atas Ajax Amaterdam.

Melawat ke Stadion NSK Olympiyskiy, Kiev, Ukraina, untuk laga kelima Grup B pada Rabu dinihari WIB, Real Madrid menelan kekalahan kedua dari tim asal Ukraina tersebut.

Hasil laga ke-5 grup A, B, C, D Liga Champions.

Ya, Shakhtar menaklukkan Real 3-2 di Spanyol pada pertandingan putaran pertama, dan kembali mengukir kejutan berkat dua gol tanpa balas yang dibukukan pemain-pemain pengganti, Dentinho dan Manor Solomon, pada babak kedua.

Dengan dua kali kalah, sekali imbang dan dua kali menang, Real Madrid terancam gagal lolos ke fase hidup mati di kasta tertinggi kompetisi Eropa tersebut. Namun siapa yang lolos dari empat tim masih ditentukan pada laga terakhir pekan depan.

Grup B memang disebut-sebut grup neraka. Satu sama lain saling mengalahkan, kecuali head to head Real Madrid vs Shaktar Donetsk. Point keempat tim pun hanya selisih tipis.

Gladbach masih di puncak klasemen dengan 8 point meski kalah 2-3 dari Inter Milan. Shaktar Donetsk mengemas 7 point yang sama dengan Real Madrikd setelah memukul raksasa Spanyol itu dengan skor 2-0. Inter Milan yang baru sekali menang menghuni dasar klasemen dengan 5 point.

Pada laga terakhir putaran grup, Real akan menjamu pemuncak klasemen Gladbach, sedangkan Inter kedatangan Shakhtar, pada Rabu (9/12) depan.

Bayern Munchen di grup B hanya bermain imbang 1-1 kala bertandang ke maskas Atletico Madrid Rabu dininri tadi WIB. Bayern Munich yang sudah memastikan lolos ke fase hidup mati praktis menghambat laju Atletico untuk mendampinginya maju ke fase knock out.

Atletico Madrid yang membutuhkan kemenanganagar lolos juga, mencetak gol pembuka pada menit 26 lewat Joao Felix. Satu gol memacu semangat untuk terus menambah daya serang. Apalagi Bayern hanya memasang pemain-pemain lapis kedua.

Klasemen grup Liga Champions

Thomas Mueller dan Serge Gnabry baru masuk di babak kedua. Kiper Manuel Neuer dan striker Robert Lewandowski dibangku cadangkan. Praktis pemain inti hanya David Alaba, Niklas Sule dan Leroy Sane yang diturunkan. Sayangnya, Atletico tidak memanfaatkan kesempatan menambah gol.

Pemain pengganti Thomas Mueller yang justru menyamakan kedudukan. Serangan balasan dan kuatnya barisan pertahanan Atletico justru ternoda oleh pelanggaran Felipe terhadap Thomas Mueller. Mueller yang mengeksekusi sendiri. 1-1 kedudukan hingga akhir.

Sementara di grup C, Manchester City juga bermain imbang tanpa gol saat bertamu ke markas FC Porto. City yang sudah memastikan lolos ke babak kalah gugur kokoh di puncak klasemen diikuti oleh tim adal Portugal itu sendiri.

Apapun hasil laga terakhir pekan depan tidak menggoyahkan kelolosan dua tim
untuk bertarung di babak knock down.

Hal yang berbeda dengan Liverpool di grup D. Meski sudah lolos, anak asuh Juegen Klopp kembali menang tipis 1-0 atas Ajax Amsterdam. Pada laga pertama, Mohamed Salah dkk juga menang tipis 1-0.

Siapa yang mendampingi The Red ke fase berikut, masih menunggu laga terakhir. Atalanta di posisi kedua klasemen (8 point) bisa saja tersingkir jika kalah dari Ajax Amsterdam yang menguntit di posisi ketiga dengan 7 point. (mbp)

Komentar