oleh

Jokowi Tersenyum Melihat Hasil Kerja Amran Sulaeman

TILIK.id, Bombana — Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (22/10/2020) antara lain meresmikan Jembatan Teluk Kendari dan meninjau sentra tebu dan pabrik gula di Bombana.

Di Bombana, Jokowi tersenyum melihat hasil kerja mantan Mentan Andi Amran Sulaiman dalam upayanya melakukan swasembada gula di Indonesia. Itu terlIhat saat meresmikan pabrik gula PT Jhonlin Batu Mandiri (JBM) di sana.

Pabrik gula Sultra itu diproyeksikan menjadi pabrik gula terbesar di Asia Tenggara.

Jokowi berharap ke depan akan ada lagi 15 lagi pabrik gula yang dibangun untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang mampu memenuhi komsumsi gula baik di Indonesia maupun di dunia.

Di era kepemimpinan Andi Amran Sulaiman di Kementerian Pertanian (Kementan), memang telah dicanangkan membangun 10 pabrik gula, salah satunya adalah pabrik gula PT. JBM ini.

Pabrik gula lain yakni PT Laju Perdana Indah, PT Sukses Mantap Sejahtera, PT Gendhis Multi Manis, PT Kebun Tebu Mas, PT Industri Gula Glenmore, PT Adhi Karya Gemilang dan PT Rejoso Manis Indo. PT Pratama Nusantara Sakti serta untuk PT Muria Sumba Manis akan mulai beroperasi pada Desember 2020.

Menurut Pengamat dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, apa yang pernah dicapai oleh Andi Amran Sulaiman memang sangat bersinar.

“Terobasan yang dilakukan Pak Amran sewaktu menjabat menjadikan pertanian Indonesia diakui dunia. Ini menteri yang dari daerah tapi prestasinya mendunia”, ujarnya.

Hendri juga menambahkan kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) selama lima tahun kepemimpinan Menteri Andi Amran yang telah meletakkan pertanian nasional bersinar dan mendapat apresiasi positif baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Target yang sangat tinggi telah ditetapkan dan dicapai Pak Amran. Saya rasa sulit dicapai oleh menteri lain,”katanya.

Menurut Hendri, kebijakan yang telah dilakukan Amran yang sangat memperhatikan kesejahteraan petani mampu menggenjot hasil pertanian secara signifikan.

“Pak Amran berhasil menjaga stok keamanan pangan dan membuat rakyat lebih nyaman sebab ketersediaan pasokannya aman”, tegasnya. (bms)

Komentar