oleh

Susahnya Mengalahkan Bayern Munchen

TILIK.id, Jakarta — Tim-tim Bundesliga seperti berlomba untuk mengalahkan raksasa Jerman Bayern Munchen. Mengalahkan The Bavarins seperti terasa juara. Termasuk Bayer Leverkusen harus bisa mengalahkan pemuncak klasemen tersebut.

Bertanding di Bay Arena Leverkusen, Sabru malam, ada harapan ketika Alario menjebol gawang Manuel Neuer di menit ke-10. Alario lepas dari jebakan off side David Alaba dan dengang enteng menaklukkan kapten Munchen itu.

Gol Alario itu seolah laga bakal dimemangkan anak asuh Peter Bosz itu. Serangan terus digencarkan untuk bagaimana bisa membekuk Bayern Munchen.

Meski kebobolan 1-0, Bayer tetap bermain dengan tenang. Pelan namun pasti, gol balasan Kinsley Coman lahir. Kalau Alario mencetak gol lewat perangkap off side yang gagal, Coman membalas oleh kesalahan pemain belakang Leverkusen.

Leon Goretzka mencuri gol dari kaki pemain belakang Leverkusen dan dengan cepat mengumpan lari ke Kinsleu Coman. Sudah berhadapan dengan kiper, bola melesat sektor kiri gawang Lucas Hradecky. Skor 1-1 di menit ke 27.

Gol Coman bukanlah bearti kalah. Ambisi mengalahkan Munchen terus mereka geber. Namun alih-alih ingin menambah gol, Leverkusen malah yang mencetak gol. Adalah Leon Goretzka yang mecatatkan namanya di papan skor.

Gok terjadi di menit ke 42 lewat kaki kiri pemain nomor punggung 18 itu. Umpan Joshua Kimmich ke Thomas Mueller dicontek ke kiri di mana ada Leon di garis penalti. Dengan melalui dua pemain, Leon secara cerdik mengarahkan bola ke sisi kiri gawang lawan. Bola ditepis manun tatap menembus jala gawang.

Skor 2-1 membuat Leverkusen menjadi sulit mengalahkan Bayern Munich. Apalagi di injury time babak pertama, Serge Gnabry menambah gol The Bavarian di menit ke 45. Semenit sebelumnya Gnabry sudah berhadapan dengan kiper, namun gagal. Percobaan kedua, semenit kemudian, barulah Gnabry mencetak gol berkat umpan Joshua Kimmich.

Di babak kedua, Gnabry nyaris mencetak gol. Umpan dari David Alaba ke depan gawang masih melambung. Namun top skorer Bundesliga, Robert Lewandowski yang malah menambah gol Bayern Munich. Umpan apik Thomas Muelller di menit ke-65 yang gagal disundul oleh Leon Goretzka justru ditanduk Lewandowski. 4-1 untuk Bayern.

Kedudukan 4-1 makin menyulitkan Leverkusen untuk menang. Satu gol tambahan di menit ke 89 oleh Florian Wirtz hanya menjadi gol penghibur. Bayern Munchen tetap unggul 4-2 sampai akhir laga.

Dengan kemenangan ini, Munchen kokoh di puncak klasemen Liga Jerman dengan 70 point. Atau unggul 10 point dari Borussia Dortmund yang saat ini tengah berlaga melawan Hertha Berlin. (lms)

Komentar