Anies Dampingi Wapres Ma’ruf Amin Buka Rakernas APPSI di Bali

TILIK.ID — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Denpasar Bali. Rakernas yang dibuka Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin itu akan berlangsung 9 sampai 11 Mei 2022.

Sebagai Ketua Umum APPSI, Anies Bsswedan mendampingi Wapres di atas pangggung memukul gong pembukaan Rakernas tahun ini. Ikut mendampingi juga adalah Gubernur Bali I Wayan Koster sebagai tuan rumah.

Terkait Rakernas, Anies mengatakan Rapat Kerja Nasional APPSI merupakan kegiatan tahunan untuk menetapkan program kerja selama 1 tahun. Kegiatan ini merupakan forum yang memegang kewenangan tertinggi setelah Munas.

“Semula Rakernas ini akan dilaksanakan pada awal tahun 2022, namun karena kasus Covid-19 yang meningkat pada waktu itu, akhirnya Rakernas APPSI baru bisa dilaksanakan pada hari ini,” kata Anies dikutip dari siaran tertulisnya di medsos, Selasa (10/5/2022).

Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Bali I Wayan Koster (kanan) mendampingi Wapres Ma’rif Amin di pembukaan Rakernas APPSI di Bali.

Tema yang diusung dalam Rakernas APPSI tahun ini adalah “Meningkatkan Peran Pemerintah Daerah Provinsi untuk Kesinambungan Pembangunan.

Adapun agenda Rakernas antara lain menetapkan Program Kerja APPSI tahun 2022; Menghasilkan rekomendasi APPSI untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat sebagai masukan untuk berbagai kebijakan dalam upaya meningkatkan pelaksanaan pemerintahan, otonomi daerah dan pembangunan di daerah.

BACA JUGA :  Surya Paloh: Insha Allah Kami Tetap di Jalur Perubahan

“Atas nama seluruh Pengurus dan Anggota APPSI, kami menyampaikan terima kasih atas perhatian, dukungan dan kerjasama yang telah terbangun baik dengan Bapak Presiden, sehingga kami lebih mampu mengemban tugas sebagai Kepala Daerah dan Wakil Pemerintah Pusat di Daerah,” kata Anies Baswedan.

Anies juga berterima kasih kepada para menteri yang selama ini diberikan kepada APPSI. APPSI bertekad akan terus berkiprah mendukung semua program dan kebijakan Pemerintah Pusat dalam memajukan kehidupan bangsa.

“Kita menyadari bahwa untuk menyejahterakan rakyat hanya bisa diwujudkan secara lebih cepat jika seluruh jajaran pemerintahan dari Pusat sampai Daerah berkomitmen penuh untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dengan optimal,” kata Anies. (lme)

Komentar