Babak 16 Besar Euro 2024, Tim-Tim Ternama Malaju, Kecuali Italia

TILIK.ID — Babak 16 Besar Euro 2024 berlanjut dinihari tadi. Hasilnya, tim-tim ternama seperti Jerman, Inggris, Spanyol, Portugal, dan Prancis, lolos ke perempat final. Nasib lain dialami tim unggulan Italia setelah kalah dari Swis.

Meski menang 2-1 atas Slovakia, Inggris harus melalui perpanjangan waktu setelah imbang 1-1 di waktu normal. Three Lions bahkan nyaris kalah jika saja tidak membalas di menit 90+5.

Baru satu menit di babak perpanjangan waktu, Harry Kane mengagetkan Slovakia dengan gol cepat berkat aksis dari Ivan Tonay. Hasil 2-1 bertahan sampai menit 120+2.

Inggris vs Slovakia

 

Jerman juga lolos setelah memukul Denmark dengan skor 2-0. Penalti Kai Havertz membawa Die Mansschaf unggul 1-0, setelah sebelumnya gol Denmark dianulir VAR. Gol Haverstz bertahan hingga menit 68 begitu Jamal Musiala mencetak gol menjadi 2-0.

Jerman vs Denmark

 

Spanyol menang meyakinkan 4-1 melawan tim kejutan Georgia. Kemenangan Spanyol meneruskan perjalananya sebagai tim tak pernah kalah maupun seri. Di fase grup, La Furia Roja merengkuh habis semua point.

BACA JUGA :  Spanyol 1-1 Polandia: Lewandowski Jadi Penyelamat Saat Matador Gagal Penalti

Melawan Georgia, Spanyol kemasukan lebih dulu akibat gol bunuh diri R. Le Normand di menit 18 namun dibalas oleh Rodrigo di menit 39. Kedudukan 1-1 bertahan sampai turun minum.

Enam menit pertama babak kedua, La Furia Roja langsung mencatak gol melalui Fabian Ruiz. Selanjutnya gol-gol Spanyol terus terjadi. Dari Nico William (75) dan Dani Olmo (83). Skor 4-1 membawa Spanyol sempurna ke babak 8 besar.

Spanyol vs Georgia

Di laga lain, Italia harus tersingkir setelah kalah 2-0 dari tim kuda hitam Swiss. Gli Azzuri kebobolan pertama di menit 37 oleh Remo Freuler. Kemudian Ruben Vargas menambah menjadi 2-0 di saat babak kedua baru berjalan 1 menit.

Pelatih Italia Luciano Spalletti menerima kenyataan tersingkir dari Euro 2024 Jerman. Dia mengakui anak asuhnya kesulitan mengembangkan permainan dan membuat peluang.

Dari satistik pertandingan Italia unggul penguasaan bola, yakni 52 persen banding 48 persen. Tendangan sudut 6 banding 4, umpan silang 25 banding 14. Namun kalah dari segi shot on target, yaitu 4 untuk Swiss dan hanya 1 untuk Azzuri.

BACA JUGA :  Tekuk Belanda, Inggris Bertemu Spanyol di Final Euro 2024
Swiss vs Italia

Francis juga lolos ke perempat final usai mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0. Itupun berkat gol bunuh diri Jan Vertenghen pada lima menit jelang peluit akhir berbunyi.

Andalan Francis Mbappe dan Antoine Griezmann seperti mati kutu menghadapi benteng Belgia. Kemampuan beradaptasi Griezmann yang menjadi kekuatannya bisa memainkan 4 peran yang berbeda, ternyata tidak berkembang.

Timnas Perancis usai menang tipis 1-0 lawan Belgia

Timnas Portugal harus melalui adu penalti melawan Slovenia untuk lolos ke 8 besar. Christiano Ronaldo dan kawan-kawan dipaksa imbang 0-0 sampai perpanjang waktu berakhir, padahal eksekusi penalti dari Ronaldo di menit 105 bisa saja Portugal menang.

Untungnya, tiga penendang Portugal barhasil menjebol gawang Slovenia dalam adu penalti, sementara tiga penendang Slovenia semua gagal. Eksekusi Ronaldo, Ferandes, dan Bernardo Silva mengantarkan Portugal lanjut ke perempat final.

Portugal vs Slovenia

Masih ada dua pertandingan yang ditunggu di babak 16 besar, yakni Balanda kontra Rumania dan Austria vs Turkiye atau Turki. Pemenang dari dua laga ini akan melengkapi babak 8 besar. |••

Komentar