Mentan Syahrul Yasin Limpo Pamitan di Kantor sebelum ke Polda Metro Jaya

TILIK.ID — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo resmi mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo di tengah kasus dugaan korupsi di kementeriannya yang sedang disidik KPK.

Pengunduran diri Menteri Pertanian RI itu disampaikan melalui surat kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno setelah usai memenuhi panggilan Polda Metro Jaya.

Usai dari Polda, Syahrul yang baru saja tiba di tanah air usai kunjungan kerja di Eropa menemui Mensesneg RI M Pratikno di ke Sekretariat Negara ditemani Menteri KKLH Siti Nurbaya Bakar pada Kamis sore.

Sebelum ke Sekneg, Syahrul Yasin Limpo menggelar jumpa pers di NasDem Tower.

“Diberikan kesempatan melalui Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) Pak Pratikno untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai menteri,” kata Syahrul di Kementerian Sekretariat Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis petang.

Syahrul, menteri yang juga Politikus Partai NasDem itu tiba di Indonesia, Rabu (4/10) petang, setelah dikabarkan “hilang kontak” di tengah pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

BACA JUGA :  Jokowi Jawab Kritikan BEM UI, The King of Lips Service

Syahrul berangkat ke Italia pada 24 September 2023, kemudian melanjutkan lawatannya ke Spanyol. Ia awalnya dijadwalkan kembali di Tanah Air pada Sabtu (30/9), namun dirinya berpisah dengan delegasi Kementan dan tidak dapat dihubungi hingga Senin (2/10).

Penyidik KPK pada Jumat, 29 September 2023, mengumumkan telah meningkatkan status kasus dugaan korupsi di Kementan ke tahap penyidikan. (zak)

Komentar