Setelah 38 Tahun, Timnas Indonesia Kembali Menang di Kandang Thailand

TILIK.ID — Timnas Indonesia U-23 mengukir sejarah dengan memutus rekor 38 tahun kalah di kandang Thailand. Rekor itu putus setelah dalam semifiinal Timnas Indonesia melumat tuan rumah Gajah Putih dengan skor 3-1 di Piala AFF. Selama 38 tahun, kandang Thailand, Stadion Proivinsi Rayong, sangatlah angker bagi tim merahh putih. Namun Kamis malam, menjadi sejarah bagi Tim Garuda.

Tahun 1985 adalah tahun terakhir Indonesia menang 1-0 atas Thailand di kandangnya dalam ajang Pra-Piala Dunia 86. Gol semata wayang itu dicetak Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin. Sejak 1977, sejarah mencatat bahwa Timnas Indonesia hanya enam kali menang atas Thailand, berbanding 16 kemenangan yang ditorehkan Timnas Thailand atas pasukan Merah Putih.

Dari deretan kemenangan Indonesia atas Thailand, mayoritas terjadi di kandang sendiri atau tempat netral, seperti pada 1979, 2011, dan 2019 kala laga digelar di Indonesia. Sedangkan pada 1989, 1991, dan 2023 kemenangan Indonesia atas Thailand terjadi di tempat netral.

Namun, pada Kamis 24 Agustus 2023, kutukan tak pernah menang atas Thailand di markas lawan sejak 1985 akhirnya pupus. Kesebelasan Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong tampil trengginas di hadapan puluhan ribu pendukung Thailand yang memadati Rayong Provincial Stadium.

BACA JUGA :  Singkirkan Chelsea, Ancelotti Siap Antarkan Real Madrid Raih Tropi ke-15

Kemenangan Indonesia terasa manis. Sebab timnas berangkat ke Thailand dengan kekuatan minus akibat beberapa pemain utama tak diizinkan klubnya. Sebaliknya, Thailand yang turun dengan pemain terbaik plus rekor sempurna pada putaran grup malah dibuat tak berdaya oleh performa Skuad Garuda.

Atas kemenangan 3-1 itu Indonesia pun melaju ke final Piala AFF U-23. Padapartai puncak puncak, Garuda Muda akan berhadapan dengan Vietnam yang menang 4-1 atas Malaysia pada pertandingan semifinal yang dimainkan sebelumnya.
Laga final akan berlangsung pada Sabtu besok ini. (cak)

Komentar