Kenangan Puan Maharani pada Tjahjo Kumolo

TILIK.ID — Mantan Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo wafat di RS Abdi Waluyo Jakarta pada Jumat (1/7/2022) pukul 11:10 WIB.

Publik mengenal Tjahjo sebagai politisi yang tenang, sabar, dan sederhana. Demikian pula yang dikenang oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan mengaku Tjahjo banyak membimbingnya saat sama-sama di DPR sebelumnya.

Puan mengatakan Tjahjo Kumolo sebagai sosok politikus yang memberi teladan dan pelajaran bagi para junior, termasuk dirinya.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun, saya sangat berduka. Pak Tjahjo sudah seperti keluarga sendiri, saya memanggil beliau ‘Om’ karena sudah kenal beliau sejak saya kecil sebagai teman orang tua saya, bahkan anak-anak memanggil beliau dengan sebutan eyang,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Tjahjo salah satu senior yang memberikan pengaruh bagi perjalanan karier politiknya sampai hari ini. Dia mengenang Tjahjo sebagai senior yang sederhana, tenang, dan memiliki kecerdasan emosi serta spiritualitas tinggi.

“Saat PDI Perjuangan di luar pemerintahan, kebetulan Om Tjahjo Sekjen Partai sekaligus Ketua Fraksi di DPR. Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Om Tjahjo sangat terlihat ketika kami, yang saat itu berada di luar pemerintahan, harus mengambil keputusan-keputusan penting,” tambahnya.

BACA JUGA :  Akankah Jokowi Pimpin PDIP Setelah Megawati?

Saat dirinya menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR tahun 2012, Tjahjo terus mendampinginya. Ruang kerja Tjahjo saat itu bahkan sengaja berhadapan dengan ruangannya.

“Saat saya menggantikan tugas Om Tjahjo sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, beliau tetap mendampingi saya di awal-awal. Bahkan ruangan beliau berhadapan dengan ruangan saya agar selalu cepat koordinasi tentang sikap fraksi yang saat itu sangat krusial,” ujarnya. (led)

Komentar