Hasil Survei Tak Pengaruhi Semangat dan Kerja Relawan Anies Baswedan

Oleh: Dwi Nurul Iman
(Ketua REALIS)

SEBUAH reformasi geliat politik di Indonesia semakin partisipasif, setiap jelang hajatan pemilu akan lahir kelompok-kelompok relawan. Mereka tumbuh dan bergerak secara mandiri atas keinginannya masing-masing untuk memperjuangkan figur yang dianggap sangat layak untuk dipilih masyarakat.

Tak terkecuali kehadiran Relawan Digital Anies (REALIS). Relawan ini adalah anak tongkrongan para pegiat media sosial dan praktisi literasi digital yang memang sejak awal kami kagum dan ngefans dengan sosok Pak Anies.

Hasil pantauan di media sosial dan interaksi masyarakat di dunia digital, relawan Anies justru semakin bertumbuh dan meluas di setiap jengkal tanah air dengan berbagai nama simpul dan penggeraknya.

Wilayah yang tadinya belum terbentuk kini semakin lengkap dan terstruktur untuk mengadakan acara deklarasi di manapun dalam dan luar negeri.

Hal ini membuktikan bahwa hasil yang dirilis lembaga survei sama sekali tidak mempengaruhi semangat dan kerja para relawan.

Kami dari REALIS menjadikan hasil survei tersebut sebagai informasi bukan rujukan utama. Figur Pak Anies yang kami usung saat ini sedang menjadi primadona calon presiden yang paling diminati masyarakat. Itu terlihat nama beliau yang masuk dalam nominasi capres padahal bukan kader ataupun ketua umum sebuah partai politik.

BACA JUGA :  Spanduk-Billboard Idul Fitri Anies dari Aceh hingga Papua Berkat Kerja Relawan

Relawan Digital Anies hanya memiliki satu tupoksi utama, yaitu akan fokus menyuarakan, menyiarkan dan menyajikan konten yang seluruhnya adalah capaian hasil karya, kinerja dan prestasi Pak Anies Baswedan.

Kami yakin masyarakat semakin cerdas bahwa kriteria capres mendatang yang akan dipilih nantinya bukan hanya populer tapi juga berprestasi dan berkualitas.

REALIS melihat di masyarakat tidak semua pemilih mau dekat dengan partai politik. Karena itu, butuh tangan lain untuk mendekati mereka, terutama ketika agenda politik semakin padat. Tangan lain itu, antara lain diperankan oleh kelompok relawan.

Sekali lagi kami menyampaikan bahwa semangat dan daya juang seluruh simpul relawan Anies Baswedan dari berbagai nama dan latar belakang sedang berada di titik puncak. Kami rindu pemimpin yang cerdas, kami ingin perubahan kondisi kehidupan yang lebih baik.

Tak hanya itu, kami siap bersinergi, berkolaborasi dan berjuang bersama dengan partai politik manapun yang akan mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden mendatang.

Komentar