Sikat Villareal, Liverpool Menunggu Real Madrid atau City di Final

TILIK.ID — The Red Liverpool maju ke final Liga Champions setelah menundukkan kuda hitam Villareal di leg kedua semi final Rabu dini hari tadi WIB. Siapa lawan di partai puncak itu akan ditentukan laga antara Real Madrid versus Manchester City.

Liverpool menjadi tim keempat yang mencapai 10 final Piala Eropa/Liga Champions, setelah Real Madrid (16), AC Milan (11) dan Bayern Munich (11).

The Red melaju usai menundukkan Villareal 3-2 setelah tertinggal 0-2 sampai menit ke-62. Dua gol dari anak asuh Unai Emery itu dicetak Boulaye Dia (3’) dan Francis Coquelin (41’).

Liverpool menjawabnya lewat gol Fabinho (62’), Luis Diaz (67’) dan Sadio Mane (74’) demi mengantongi keunggulan tiga gol agregat menuju final di Stade de France, Paris.

Di babak pertama Liverpool memiliki peluang emas pada menit ke-24 saat kiper Geronimo Rulli dipaksa meninggalkan gawangnya untuk mengantisipasi bola dan Diogo Jota yang lolos kawalan.

Namun, halauan bola Rulli memantul dari tangannya, memberi kesempatan Mohamed Salah mencuri si kulit bundar dan menembakkannya ke gawang. Sayangnya bola masih melebar sebelum wasit meniup peluit menyatakan terjadi pelanggaran.

BACA JUGA :  Solskjaer Kecam Jadwal MU: Dibuat Orang-Orang Tak Pernah Main Bola

Villareal mengendalikan permainan di saat para pemain Liverpool gugup dan tak dapat mempertahankan bola.

Naby Kieta mengumpan bola kembali ke lini belakang namun justru mendarat di kaki Gerard Moreno. Ia berbalik dan mengirim bola ke Giovani Lo Ceslo yang berada di kotak.

Gelandang Argentina itu berupaya menggiring bola ke samping namun bertabrakan dengan Alisson. Seluruh stadion Estadio La Ceramica bersorak mengharap penalti, namun wasit memutuskan sang kiper memenangi bola terlebih dahulu.

Villareal tak mengendorkan serangan mereka dan meraih gol penyama agregat pada menit ke-41. Umpan panjang dari belakang diterima Capoue, melewati Andy Robertson sebelum melayangkan umpan silang ke depan gawang.

Trent Alexander-Arnold terlambat melompat dan membiarkan Francis Coquelin menanduk bola ke gawang Alisson untuk menghidupkan asa tim Spanyol itu menuju final kompetisi elite klub Eropa itu.

Pasukan Yellow Submarine menjalani 45 menit pertama yang sempurna mengingat tugas berat membalikkan defisit dua gol setelah kekalahan pada leg pertama di Anfield.

Tanpa Roberto Firmino yang menepi sejak 19 April karena cedera kaki, Juergen Klopp kemudian memasukkan Luis Diaz untuk menggantikan Jota di paruh kedua.

BACA JUGA :  Pemain Atletico Madrid dan Bali United Puji Kemegahan JIS

Klopp telah mengingatkan timnya akan harus “menderita” apabila mereka ingin lolos ke Paris pada malam yang berat di Spanyol kali ini.

Liverpool mulai menciptakan peluang gol lebih banyak di paruh kedua setelah tendangan Alexander-Arnold dari jarak jauh mendarat di atas mistar gawang lawan, kemudian Diaz yang berupaya mencetak gol dengan tendangan voli namun masih melebar.

Pada menit ke-62 The Reds mendapatkan gol yang mereka inginkan saat Fabinho mendapat umpan terobosan dari Mohamed Salah dan menceploskan bola dari sudut yang cukup sempit melewati kedua kaki Rulli ke gawang.

Lima menit berselang, Diaz lolos jebakan offside dan merestorasi keunggulan dua gol agregat Liverpool memanfaatkan umpan silang dari Alexander-Arnold yang diteruskan dengan sundulan jarak dekat ke gawang Rulli.

Para pemain Villareal terlihat kelelahan setelah segala upaya yang mereka lakukan pada paruh pertama dimentahkan oleh dua gol tersebut.

Pelatih Villareal Unai Emery melakukan sejumlah pergantian, memasukkan Samuel Chukwueze menggantikan Gerard Moreno dan Alfonso Pedrasa untuk Francis Coquelin.

BACA JUGA :  Final Liga Eropa, MU Takluk dari Villareal lewat Adu Penalti

Namun, Liverpool semakin memantapkan langkah mereka ke final lewat gol Sadio Mane pada menit ke-74 ketika Keita mengirim umpan lambung kepada Mane, saat sepuluh pemain Villareal bermain separuh lapangan.

Mane berhasil mengecoh Rulli serta tekel dari Juan Foyth sebelum menyarangkan bola ke gawang yang tak terkawal.

Capoue menerima kartu kuning keduanya setelah membuat pelanggaran atas Curtis Jones, membuat malam Villareal berantakan di kandangnya.

Kemanangan 3-2 atas Villareal itu memantapkan keunggulan agregat Liverpool menjadi 2-5 dan melaju ke partai puncak pada 28 Mei mendatang.

The Red akan bertemu dengan Real Madrid atau Manchester City, yang akan menjalani leg kedua semifinal pada Rabu nanti. City unggul agregat 4-3 dari laga leg pertama.

Komentar