Amien Rais: Demokrasi Kita Tak Sedang Dibonsai, Tapi Sudah Dikubur

TILIK.ID — Politisi kawakan Amien Rais tampil menjadi narasumber pada channel podcast Karni Ilyas, Rabu (13/10/2021). Pada kesempatan itu, narasi mantan pendiri Partai Amanat Nasional itu mengeritik kondisi demokrasi kita yang sudah dikubur.

Menurut Ketua Dewan Penasehat Partai Ummat ini, sekarang terjadi democratic backsliding. Jadi ada demokrasi yang meluncur ke bawah, backsliding, kemudian ke kubangan Otoritarianisme. Ini sekarang sudah bisa kita baca.

“Jadi sekarang ini saya nggak melebih-lebihkan kalau ada usaha sistematik yang sangat rukun begitu, yaitu bahwa demokrasi kita sesungguhnya bukan sedang dibonsai saja, tapi juga dikubur,,” kata Amien Rais.

Mantan Ketua MPR RI ini mengatakan, eksekutif itu bisa mendikte kemauannya ke legislatif, eksekutif bisa, katakanlah berbuat apa saja, akan diamini oleh DPR, MPR, dan DPD.

“Jadi saya mengatakan bedanya Pak SBY dengan Pak Jokowi. Kalau Pak SBY dulu kan slogannya “bersama kita bisa” nah sekarang ini “mau apa saja kita bisa”,” kritik Amien Rais.

Jadi, nenurut Amien Rais, tidak ada lagi yang bisa menahan Political Juggernaut, kereta besi politik yang kuat sekali sekarang ini yang dananya juga unlimited, sehingga sesungguhnya ini concern saya luar biasa. (bes)

BACA JUGA :  Kyai-Kyai NU Jatim Usulkan Lima Nama Cawapres ke Anies Baswedan

Komentar