Mbappe Gagal Adu Penalti, Juara Dunia Prancis Tumbang di Babak 16 Besar

TILIK.ID — Satu lagi tim unggulan tumbang di babak 16 Besar Euro 2020. Ya, Juara Dunia Prancis menyusul Belanda dan Portugal, yang sebelumnya diunggulkan, tumbang di tangan Swiss.

Prancis tersingkir lewat adu penalti setelah dalam perpanjangan waktu kedudukan masih sama kuat 3-3. Yang menyedihkan bintang Les Blues Kylian Mbappe satu-satunya yang gagal menyarangkan bola ke gawang Swiss.

Kegagalan Mbappe menambah deretab bintang lapangan yang gagal mengeksekusi penalti pada laga-laga krusial. Kegagalan Mbappe mungkin akan menghantui selama karirnya.

Di waktu normal, Prancis sebenarnya sudah leading 3-1 sampai menit ke-75 meski kebobolan lebih dulu di menit ke-19 melalui Haris Seferovic. Sayangnya, keunggulan itu pupus lewat gol tambahan Haris Sefferovic (menit ke 81) dan Mario Gavranivic di penghujung waktu normal.

Setelah 120 menit laga kedudukan masih 3-3, Prancis dan Swiss melakoni adu penalti perdana Euro 2020. Paul Pogba menjadi algojo pertama, lalu disamakan
Mario Gevranovic. Kesuksesan eksekusi Oliver Giroud, Marcus Thuram, dan mampu disamai penendang Swiss berikutnya.

BACA JUGA :  Dipermalukan Empoli, Allegri Berdalih Juventus Tak Main sebagai Tim

Mbappe yang menjadi eksekutor kelima, maju dengan tegang. Sepakannya ke kanan gawang mampu dibaca kiper Sommer. Tendangan Mbappe berhasil diblok. Sommer lari bersorak diikuti kawan-kawannya setelah memastikan menang penalti 5-4.

Swiss yang lolos ke babak 8 besar akan menghadapi Spanyol yang dalam laga hidup mati Senin malam menang 5-3 atas Kroasia.

Selasa malam dan Rabu dinihari WIB babak 16 Besar masih akan melakoni dua laga lagi, yakni Swedia versus Ukraina dan big match Inggris kontra Jerman. Pemenang di dua pertandingan ini akan berhadapan di babak perempat final.(als)

Komentar