Inggris Tunggu Prancis atau Jerman atau Portugal di Babak 16 Besar

TILIK.ID — Innggris lolos ke babak 16 besae Euro 2020 setelah di laga terakhir fase grup hanya menang tipis 1-0 atas Ceko. Kemenangan pada Rabu dinihari WIB itu membawanya lokos ke fase knock down sebagai juara grup.

Manajer tim nasional Inggris Gareth Southgate merasa timnya masih belum dalam performa terbaik. Karena itu dia mengatakan akan tampil lebih baik lagi di babak 16 besar.

Masalahnya, lawan di babak 16 besar justru tim unggulan dan langganan juara, runer up Grup F. Di grup neraka itu, empat tim masih berpeluang ke 16 besar, seperti Juara Dunia Prancis, Juara Dunia 2014 Jerman, Juara Eropa 2016 Portugal dan kuda hitam Hungaria.

Meski lawannya di babak 16 besar tim favorit, Pelatih dan pemain Inggris masih bisa bermain lebih baik. Southgate yakin akan memenangi pertandingan hidup mati melawan siapapun.

“Saya rasa masih ada hal lain yang akan kami tampilkan tentunya, kami belum mencetak gol dari set-play, kami belum lancar tapi kami memiliki momen di mana kami terlihat bermain bagus,” kata Southgate di London usai laga lawan Ceko pada Rabu dinihari WIB (23/6/2021).

BACA JUGA :  Juara Euro 2020 Italia Gagal ke Piala Dunia, Kalah dari Tim Gurem Makedonia Utara

Inggris akan menghadapi runner up Grup F yang kemungkinan besar Portugal, Jerman atau Prancis. Namun Southgate mengaku lega bisa mengamankan pertandingan kandang pada Selasa depan yang digelar kembali di Wembley.

“Siapa yang akan menyangka pertandingan itu akan seri atau tidak? Kami ingin menjuarai grup, ingin bermain di Wembley dan kami akan lihat siapa yang akan kami hadapi besok,” kata dia.

foto: getty image/eurosport/livescore

Bek Harry Maguier, yang kembali bermain setelah cedera, sepakat apabila Inggris masih memiliki hal lain yang belum ditampilkan.

“Kami telah menjuarai grup ini dan kami melakukannya. Bisakah kami bermain lebih baik? Tentunya kami bisa. Akankan kami lebih baik? Kami akan melakukan semua yang kami bisa. Tiga clean sheet, bermain solid. Dasar-dasarnya terlihat dan sekarang kami harus merapikan semua bagian dari permainan kami,” katanya.

“Di turnamen sepakbola adalah soal momen besar di pertandingan besar dan tidak memberi lawan momen besar untuk mencetak gol dan saat ini kami melakukan itu.”

Pencetak gol dalam pertandingan akhir Inggris di Grup D, Raheem Sterling menambahkan, ada hal-hal positif di permainan tadi. Kami menjaga bola lebih baik hari ini. Itu memberi kami lebih banyak opsi menyerang.

BACA JUGA :  Forza Italia, Azzurri Juara Euro 2020

“Kami memanfaatkan celah sangat baik, bermain sepakbola yang bagus dan membuat gol yang kami butuhkan,” kata Sterling.

Dikatakan lagi, jika Anda tidak kebobolan, gol Anda memenangi pertandingan-pertandingan sepakbola. Anda butuh hanya mencetak gol di sisi lain.

Orang kecewa dengan pertandingan melawan Skotlandia beberapa hari lalu tapi kami tidak kebobolan. Hal paling penting adalah untuk menjuarai grup.

“Pada suatu titik Anda harus menghadapi tim-tim terbaik. Ini soal menantang diri Anda sendiri,” kata Sterling yang terpengaruh siapapun lawannya di babak 16 nanti. (lms)

Komentar