Dua Gol Bunuh Diri Hancurkan Portugal Saat Meladeni Jerman di Grup F

TILIK.ID — Jerman diuntungkan dari dua gol bunuh diri saat mereka bangkit dari ketinggalan untuk memastikan kemenangan 4-2 atas Portugal di Grup F Euro 2020, Sabtu tengah malam (19/6/2021).

Cristiano Ronaldo membawa juara bertahan Portugal unggul lebih awal dengan satu gol yang membuatnya menyamai Miroslav Klose sebagai pemain Eropa yang paling banyak mencetak gol gabungan (19) di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa.

Namun, tim asuhan Joacim Loew bangkit sebelum turun minum, berkat dua gol bunuh diri dalam waktu empat menit oleh Ruben Dias dan Raphael Guerreiro.

Juara dunia 2014 itu meraih kemenangan pertama turnamen tersebut di babak kedua berkat serangan dari Kai Havertz dan Robin Gosens yang impresif. Diogo Jota membalaskan satu gol untuk pasukan Fernando Santos itu.

Bek kiri Jerman Robin Gosens mengira dia telah memberi keunggulan Jerman pada menit kelima, namun aksi akrobatiknya di tiang belakang dianulir karena Serge Gnabry dianggap offside.

Meskipun di 10 menit pertama Jerman bertubi-tubi menyerang, namun Portugal yang lebih dulu unggul. Ronaldo mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-15 menyusul gerakan serangan balik yang melibatkan Bernardo Silva dan Jota.

BACA JUGA :  Debut Kedua Ronaldo Bersama MU Cetak Dua Gol

Jerman menyamakan kedudukan 10 menit sebelum turun minum, ketika Dias mengalihkan tendangan voli salah sasaran Gosens melewati Rui Patricio dari luar kotak penalti.

Keadaan menjadi lebih baik bagi tim Panzer empat menit kemudian ketika Guerreiro mencetak gol bunuh diri dari jarak dekat setelah gelandang Jerman Joshua Kimmich menarik bola ke depan gawang.

Die Mannschaf memperpanjang keunggulan mereka enam menit setelah jeda. Kai Havertz memanfaatkan umpan silang Gosens dari jarak dekat.

Gosens kemudian menambahkan namanya ke daftar pencetak gol di menit ke-60. Dia melompat tertinggi di tiang belakang untuk menyundul umpan silang Joshua Kimmich dari kanan.

Striker Liverpool Diogo Jota memberi Portugal harapan untuk bisa comeback. Golnya mengesankan ketika ia melepaskan tembakan dari umpan balik Ronaldo pada menit ke-67.

Akan tetapi Jerman bertahan untuk memberikan kekalahan ketiga dalam 31 pertandingan terakhir mereka untuk Portugal.

Hanya sedikit yang bisa memprediksi skor akhir ketika Ronaldo membawa Portugal unggul lebih awal, tetapi penampilan pertahanan yang rapuh membantu Jerman meraih kemenangan pertama mereka di turnamen tersebut dan naik ke urutan kedua di Grup F atau satu poin di belakang pemimpin Prancis.

BACA JUGA :  Ronaldo Penentu Kemenangan MU Setelah Tertinggal Dua Gol dari Atalanta

Portugal, yang kebobolan empat gol di level Eropa untuk pertama kalinya itu gagal menambah point sehingga disamai oleh Jerman. Keumggulan jumlah gol membawa Panzer naik ke urutan kedua klasemen grup F.

Gosens, yang menikmati musim 2020-21 yang menakjubkan untuk tim Serie A Atalanta, berada dalam performa terbaiknya di Allianz Arena. Dia membalas kekecewaan karena golnya dianulir di awal laga, dengan memberi umpan kepada Havertz untuk gol ketiga Jerman.

Penampilan gemilang Bruno Fernandes untuk Manchester United selama 18 bulan terakhir tidak terlihat di Munich. Pemain berusia 26 tahun itu gagal melepaskan satu tembakan dan hanya membuat satu umpan kunci sebelum dia ditarik keluar untuk menggantikan Joao Moutinho.

Kedua tim harus menyelesaikan Grup F mereka pada hari Rabu depan, di mana Portugal akan menghadapi Prancis di Budapest dan Jerman menghadapi Hongaria di Munich. (ala)

Komentar